Nasional

Sistem Peringatan Dini LEWS Raih ISO 22327

Redaktur: Syahrir Lantoni
Sistem Peringatan Dini LEWS Raih ISO 22327 - Nasional

DAPAT ISO: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei saat memberikan paparan di Plenary Meeting ISO Sydney, Australia. foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan Landslide Early Warning System (LEWS) Berbasis Masyarakat dan terdiri dari 7 sub sistem. Sistem ini dibeberkan Willem di Plenary Meeting ISO Sydney, Australia melalui rilisnya kepada INDOPOS, Jumat (16/3).

Willem menjelaskan sistem yang lebih dikenal dengan sistem peringatan dini longsor ini dikembangkan dari konsep peringatan dini berbasis masyarakat milik badan PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNISDR). 

Sub sistem yang ada dalam konsep terdiri dari penilaian risiko, sosialisasi, pembentukan tim siaga bencana. Kemudian ditambah lagi dengan pembuatan panduan operasional evakuasi, penyusunan prosedur tetap, pemantauan dan peringatan dini.

"Terakhir ada gladi evakuasi, serta pembangunan komitmen otoritas lokal dan masyarakat dalam pengoperasian dan pemeliharaan keseluruhan sistem peringatan dini tanah longsor. Sehingga totalnya ada tujuh sub sistem dalam LEWS ini," tandas dia. (awa)

 

Berita Terkait

Headline / Kenali Ancaman Bencana agar Selamat

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Daerah / Imbau Warga Waspada Banjir Susulan

Nusantara / Situasi Masyarakat Sudah Kondusif Pascagempa Banggai

Nasional / Rekonstruksi Pascabencana Sulteng Butuh Rp 36 T

Daerah / Awal Musim Kemarau, Siaga Antisipasi Karhutla


Baca Juga !.