Nasional

BNPB: Penetapan ISO Wujud Indonesia Laboratorium Bencana Dunia

Redaktur: Ali Rahman
BNPB: Penetapan ISO Wujud Indonesia Laboratorium Bencana Dunia - Nasional

Penetapan sistem peringatan dini longsor (LEWS) dari Indonesia sebagai ISO 22327 menjadi wujud indonesia sebagai laboratorium dunia.

INDOPOS.CO.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei menilai penetapan sistem peringatan dini longsor (LEWS) dari Indonesia menunjukan Indonesia sebagai laboratorium bencana dunia. Pandangan tersebut diutarakan Willem di di Plenary Meeting ISO Sydney, Australia melalui rilisnya, Jumat (16/3).

"Melalui penetapan ISO, sistem peringatan dini longsor dapat menjadi penguatan wujud Indonesa sebagai laboratorium bencana dunia," ucap dia.

Di samping itu, lanjut Willem, industri kebencanaan dapat tumbuh dan berkontribusi untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana sehingga berdampak positif dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“Sistem peringatan dini yang baik tidak hanya pada peralatan yang berdiri sendiri tetapi pada akhirnya sistem tersebut dapat saling terkait sebagai suatu sistem peringatan dini yang efektif.”imbuhnya.

Menurutnya, komunitas memiliki peranan sangat penting sebagai bagian inti dari sistem penanggulangan bencana. Karena masyarakat dan komunitas itulah yang akan berhadapan dengan ancaman. "Komunitas harus menjadi bagian dari sistem  dan harus paham bagaimana sistem ini bekerja.” tandasnya. (awa)

TAGS

Berita Terkait

Headline / Kenali Ancaman Bencana agar Selamat

Nasional / Selama Empat Bulan Terjadi 1.586 Bencana

Daerah / Imbau Warga Waspada Banjir Susulan

Nusantara / Situasi Masyarakat Sudah Kondusif Pascagempa Banggai

Nasional / Rekonstruksi Pascabencana Sulteng Butuh Rp 36 T

Daerah / Awal Musim Kemarau, Siaga Antisipasi Karhutla


Baca Juga !.