Internasional

Mengandung Mikroplastik, WHO Selidiki Air Kemasan

Redaktur:
Mengandung Mikroplastik, WHO Selidiki Air Kemasan - Internasional

MENCENGANGKAN - Hasil penelitian Orb Media banyak air minum kemasan yang mengandung mikroplastik di Jenewa. NET

INDOPOS.CO.ID – Hasil penelitian Orb Media ini sangat mencengangkan. Banyak air minum kemasan yang mengandung mikroplastik. Plastik yang berukuran sangat kecil. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sampai turun tangan.

’’Kami biasanya memiliki ukuran batas aman. Tapi, untuk menentukannya, kami harus memahami apakah hal tersebut berbahaya,’’ ujar koordinator urusan kinerja global air dan sanitasi WHO Bruce Gordon kemarin.

Sejauh ini belum ada bukti bahwa mikroplastik bakal berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi, tentu masyarakat bakal khawatir dan bertanya-tanya.

Dilansir BBC, Orb Media meneliti 259 botol air mineral dari 11 merek yang dibeli di sembilan negara. Yaitu, AS, Tiongkok, Brasil, India, Meksiko, Lebanon, Kenya, dan Thailand. Termasuk Indonesia. Beberapa merek kenamaan yang diuji Orb Media adalah Aqua, Aquafina, Bisleri, Dasani, Epura, Evian, Gerolsteiner, Minalba, Nestle Pure Life, San Pellegrino, dan Wahaha.

Setelah diperiksa di State University of New York, Fredonia, hanya 17 botol air kemasan yang disimpulkan tidak mengandung mikroplastik. Artinya, 93 persen air kemasan yang diteliti terkontaminasi. Mayoritas plastik yang terdapat dalam air kemasan itu adalah polypropylene, polyethylene terephthalate (PET), dan nylon. Ketiganya kerap dipakai untuk membuat tutup botol.

Nestle dan Gerolsteiner mempertanyakan hasil penelitian Orb Media. Dalam penelitian itu disebutkan bahwa air kemasan produk Nestle, yaitu Nestle Pure Life, memiliki kandungan mikroplastik terbesar. (sha/c17/pri)

Berita Terkait

Lifestyle / Ini Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh

Lifestyle / Jangan Abaikan Flek dan Spruten

Kesehatan / Pentingnya Rutin Cek Tumbuh Kembang Anak

Lifestyle / Dokter Umum Diedukasi soal Emergensi Urologi

Lifestyle / Ini Perbedaan Stunting dengan Gizi Buruk


Baca Juga !.