Total Sport

Sentul Gelar Balap Malam Hari dan Street Race di BSD

Redaktur:
Sentul Gelar Balap Malam Hari dan Street Race di BSD - Total Sport

MALAM - Beberapa mobil balap dihadirkan di acara kick off ISSOM 2018,di Titan Center, Bintaro Boulevard Sektor 7, Tangerang Selatan. BAMBANG/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Untuk pertama kalinya, International Sentul Series of Motorsport (ISSOM) menggelar balapan pada malam hari. Gelaran ini bakal berlangsung pada 18 Agustus 2018, atau tepat sehari setelah Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI).

Balapan malam hari bakal bergulir di seri keempat ISSOM dari tujuh seri yang dilaksanakan. Sirkuit Sentul ditunjuk sebagai venue balapan yang tidak biasa ini.

Lola Moenek selaku General Manager Sirkuit Sentul sengaja menjadwalkan balapan malam hari pada 18 Agustus. Selain berdekatan dengan HUT RI, balapan ini juga menandai hari jadi Sirkuit Sentul yang jatuh pada empat hari kemudian.

“Night race baru pertama kali. Untuk balap mobil baru sekali ini. Ada 5 seri balap. Kita mau lihat animo seperti apa, dan safety seperti apa,” ujar Lola pada acara kick off ISSOM 2018, di Titan Center, Bintaro Boulevard Sektor 7, Tangerang Selatan,  kemarin, malam.

Lola menjanjikan bahwa Sirkuit Sentul bakal ideal untuk balapan pada malam hari. Terutama dari sisi penerangan. Meski begitu, setiap mobil diwajibkan menyalakan lampu.

“Aturan balap mobil ini pakai lampu. Sepanjang sirkuit ada lampu, di tribun, paddock juga,” katanya menambahkan.

Karena balapan digelar pada malam hari, Lola akan mengurangi jumlah balapan. Jika pada seri biasanya yang berlangsung siang hari akan ada 12 balapan. Maka khusus malam hari, hanya ada lima race yang digelar.

Meski begitu, lima race tersebut harus mengikuti aturan yang berlaku. Pembalap yang akan turun juga harus melewati beberapa tahap pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan jelas. Ada tensi, kondisi mata, jantung, itu mutlak. Jam terbangnya harus tinggi juga,” ujar Lola.

Lola membocorkan bahwa dua race telah lolos kualifikasi untuk balapan malam. Sisanya, menyusul setelah melalui beberapa pertimbangan.

"Super Touring dan Japan Super Touring Championship bisa masuk," kata Lola.

Selain lomba balap malam hari, International Sentul Series of Motorsport {ISSOM ) 2018 juga kembali menggelar street race pada balapan keenam dari tujuh race di tahun ini. Balapan yang berlangsung di Bumi Serpong Damai (BSD) itu bakal berlangsung pada 18 Oktober.

Street race ini bukan kali pertama digelar di BSD. Pada tahun lalu, ISSOM  juga menggelar balapan di jalan raya bertempat di kawasan yang sama.

Nantinya, jalanan BSD bakal disulap menjadi sirkuit buatan. Meski begitu, seri ini tidak termasuk ke dalam penghitungan poin bagi pebalap untuk meraih gelar juara.

Seri pertama ISSOM bakal berlangsung pada 25 Maret 2018 di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Balapan pertama ini akan menggelar 12 race, di antaranya Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship, Japan Super Touring Championship, European Touring Car Championship, Indonesia Touring Car Championship, Super Touring Cup, Honda Jazz Challenge, Indonesia Retro Race, Oldskool Racing, One Make Race Suzuki Ignis, dan One Make Race BMW Car Club Indonesia.

“ISSOM tahun ini menggelar tujuh race. Dimulai pada 25 Maret 2018 plus satu balapan jalan raya di BSD,” ujar Lola Moenek

Sebanyak 12 balapan bakal tersaji di setiap race ISSOM 2018. Untuk seri pertama, balapan-balapan tersebut dipecah menjadi dua hari.

Itu karena Lola memperbolehkan pebalap untuk mengikuti balapan yang berlangsung. Selain itu, ada perimtaan dari para pebalap untuk melangsungkan race selama dua hari.

“11 balapan digelar Minggu. Sementara satu balapan lainnya berlangsung Sabtu,” k

PPanitia telah menyiapkan tiga unit apartemen untuk pebalap yang keluar sebagai juara di akhir musim. Selain itu, belasan sepeda motor juga bakal menjadi hadiah yang menggiurkan.

Enam dari tujuh seri ISSOM 2018 berlangsung di Sirkuit Sentul. Adapun satu race lainnya dihelat di sirkuit jalan raya BSD. (bam)

Berita Terkait

Total Sport / Kisruh Gymkhana, Sisa Dua Seri Tetap Lanjut

Total Sport / Calvin Sukses Pertahankan Gelar Kejurnas Gokart

Total Sport / Tim Pertamina Prema Theodore Racing Optimistis di Spa Francorchamps

Total Sport / Tim Pertamina Prema Theodore Racing Masuk Lima Besar

Formula 1 / Hamilton Merendah Mercedes Dominasi F1 GP Prancis

Formula 1 / Hamilton Pestimistis Rebut Podium Satu F1 GP Kanada 201


Baca Juga !.