Jumat, 21 September 2018 09:19 WIB
pmk

Politik

Maju Cawapres 2019, Cak Imin Dapat Mandat Tatar Pasundan dari Para Kiai

Redaktur: Redjo Prahananda

Para Kiai Tasikmalaya menyampaikan Lima Butir Tatar Pasundan. foto : istimewa

INDOPOS.CO.ID - Dalam roadshow di yang dilakukan di Ponpes Cipasung Tasikmalaya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar kembali mendapat mandat dari ratusan Kiai Tasikmalaya Jawa Barat, Senin (19/3).

Mandat itu tertuang dalam rekomendasi yang dinyatakan melalui lima butir Amanat Tatar Pasundan. KH.Busyro Karim Pimpinan Ponpes Baitul Hikmah Haur Kuning Kabupaten Tasikmalaya membacakan mandat itu dengan penuh khidmat.

"Pertama, menegakkan prinsip Islam rahmatan lil ‘alamin yang mengedepankan rasa kemanusiaan, keadilan dan kebangsaan, serta meyakini bahwa Islam dan kebangsaan adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan, dan harus diwujudkan menjadi bingkai persatuan Umat Islam Indonesia," papar Kiai Busyro.

Lalu yang kedua, sambung dia, mendorong pemerintah untuk menerapkan kebijakan program dan anggaran yang proporsional, terukur dan berkelanjutan untuk semua lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan formal maupun non formal seperti pesantren dan madrasah. Ketiga, peran negara dalam perekonomian ditentukan dari sistem pengelolaan ekonomi yang digunakan. Keterpurukan ekonomi yang masih dirasakan terutama oleh ummat Islam, tidak jauh dari peranan tersebut.

"Pencawapresan Cak Imin harus mampu memperjuangkan dan mewujudkan perekonomian yang adil dengan membuka akses pekerjaan dan usaha mandiri demi terwujudnya baldatun thoyyibatun warobbun ghofur," tegas Kiai Busyro.

Keempat, menjadikan kembali masjid sebagai pusat peradaban, bukan sekadar sarana ibadah. Masjid harus menjadi sumber segala kebaikan dalam kemanusiaan sesuai ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah, yang jauh dari hasrat kecurigaan dan kemarahan. Dan terakhir, menggunakan seluruh potensi alam untuk kebaikan manusia dan pembangunan ifrastruktur seluruh daerah di Indonesia tanpa harus merusak alam.

Kiai Busyro berharap, Cak Imin bisa tampil di Pilpres 2019 dengan menjalankan amanat tersebut. "Kami berdoa aspirasi ini dapat disambut baik oleh berbagai kelompok dan wadah umat lainnya," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #muhaimin-iskandar #pkb #pemilu-2019 

Berita Terkait

IKLAN