Senin, 19 November 2018 06:14 WIB
pmk

Nasional

Menpan-RB Beri Posisi Khusus untuk Diaspora

Redaktur: Redjo Prahananda

Menpan-RB memberikan sambutan di auditorium kemenristekdikti

INDOPOS.CO.ID - Diaspora Unggul akan diutamakan dalam penerimaan Aparat Sipil Negara. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur saat memberi sambutan di Auditorium Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jakarta, Selasa (20/3).

Menurutnya, Diaspora merupakan bagian yang harus didorong untuk kembali ke Indonesia dan diberikan ruang khusus untuk ikut berkolaborasi membangun negeri. Ditambah lagi, diaspora akan diberikan format khusus yang akan menyesuaikan pengalamannya selama bekerja di luar negeri. 
 
Selain itu, secara khsusus Asman Abnur meminta langsung kepada menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir agar tidak perlu memberikan tes kepada diaspora yang ingin menjadi dosen. Selain itu, cumlaude pun menjadi target Asman Abnur untuk diberikan ruang khusus agar kekuatan ASN dapat lebih baik. Tetapi saat ini kuota yang disiapkan belum dapat diprediksi. 

“Mereka yang sudah dibiayai oleh negara oleh LPDP dan memiliki kemampuan yang tinggi sayangkan kalo bekerja untuk negara lain. Ini kan potensi untuk bisa kita rekrut. Nanti jabatan kita setarakan itu namanya formasi khusus,” ujar Asman Abnur pada awak Media.

Di samping itu, Asman Abnur juga akan menyebar seluruh lulusan kedinasan di seluruh Indonesia. Biasanya, selama lama ini lulusan sekolah kedinasan akan dikembalikan ke daerah asal mereka. Tetapi hal itu diubah, Asman Abnur menjelaskan hal tersebut dilakukan agar lulusan sekolah kedinasan mampu menjadi menjadi perekat nasional.

“Untuk sekolah kedinasan akan disebar ke seluruh Indonesia. Mereka diharapkan dapat menjadi perekat nasional. Nanti orang papua bisa jadi camat dibandung atau di aceh. Rasa ke indonesiaannya itu bisa lebih kuat,” ujarnya.(rej)

TOPIK BERITA TERKAIT: #menpan-rb #kemenristekdikti 

Berita Terkait

IKLAN