Selasa, 13 November 2018 10:10 WIB
pmk

Nasional

Tunjangan Kinerja TNI Bakal Naik sampai 70 Persen

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Jawa Pos

INDOPOS.CO.ID Kabar gembira untuk Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), tunjangan kinerja akan naik hingga 70 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Muhammad Herindra saat menghadiri Rapat Pleno Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/3).

Menurut jenderal bintang dua ini dalam waktu dekat akan dilakukan pemeriksaan kinerja prajurit TNI. Dari hasil pemeriksaan kinerja tersebut akan digunakan untuk menentukan jumlah persentase kenaikan tunjangan kinerja prajurit TNI. 
 
Saat ini, pemerintah melalui kementerian keuangan telah menyepakati kenaikan tunjangan kinerja prajurit sebesar 57 persen. Kendati demikian, menurut Herindra tunjangan tersebut masih dapat dinaikkan hingga persentase yang ideal 70 persen. 
 
TNI telah sepakat dengan persentase kenaikan tunjangan tersebut, tetapi semua dikembalikan pada keputusan pemerintah sebagai pemangku kebijakan.“Nanti akan ada pemeriksaan kinerja prajurit TNI. Mudahan kinerja TNI tahun ini makin membaik. Sehingga pemerintah diharapkan mau menaikkan tunjangan kinerja tersebut,” Jelas Muhammad Herindra singkat pada awak media.

Usulan kenaikan tersebut sudah berada di meja menteri keuangan. Menurutnya, tunjangan ini pantas diberikan kepada prajurit. Sebab, Jelas Herindra hal tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah yang diberikan oleh prajurit selaku prajurit garda terdepan pertempuran nantinya.

Kenaikan Tunjangan kinerja tersebut nantinya diberikan kepada prajurit Biasa dan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Namun pada saat diwawancarai, Muhammad Herindra tidak menjelaskan secara kongkrit komponen-komponen tersebut.
 
Diperkirakan kenaikan tersebut akan dapat direalisasikan pertengahan tahun ini. Tetapi jika meleset, kemungkinan akan bergeser pada tahun 2019.“Banyaklah nanti itu dibahas secara teknis tentang komponen-komponennya. Pokoknya intinya kami mengharapkan akan ada kenaikan tunjangan kinerja perajurit, begitu sekiranya,” ujar Muhammad Herindra.

Sebelumnya, di Markas grup 2 Koppasus, Kandang Menjangan, 20 Maret lalu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan aka nada kenaikan tunjangan kinerja untuk prajurit TNI.(cr-1)

TOPIK BERITA TERKAIT: #tni #tunjangan-kinerja-tni 

Berita Terkait

Salut untuk TNI

Headline

TNI Dilarang Terjun Politik Praktis

Nasional

Peran TNI dalam Bantuan Bencana Alam Diapresiasi

Nasional

IKLAN