Ekonomi

Klaim Peningkatan PDRB di Kawasan Timur Positif

Redaktur: Sicilia
Klaim Peningkatan PDRB di Kawasan Timur Positif - Ekonomi

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro membantah jika pertumbuhan di kawasan Timur melambat. Bambang menegaskan, pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Indonesia justru paling tinggi berada di Sulawesi yakni hampir 7 persen.

Untuk diketahui, PDRB adalah jumlah nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian di suatu daerah. "Jadi, tidak benar kalau pertumbuhannya melambat," terangnya dalam acara diskusi di Jakarta Pusat, Kamis (22/3).

Pun begitu dengan Papua dan Maluku, yang berada di posisi ke-4, dan lebih baik dari Sumatera. Kalimantan juga menunjukkan tren positif dan berada diposisi ketiga.

"Awalnya Kalimantan memang sempat down. Tapi perlahan pulih. Sekarang PDRB Kalimantan sudah mulai diangka 4 persen," bebernya.

Sedangkan di kawasan Timur yang tak begitu cemerlang hanyalah Nusa Tenggara dan Bali. Meski di Timur PDRB-nya sudah cukup meningkat, namun dibanding Jawa dan Sumatera memang masih dibawahnya.

Pulau Jawa memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Bruto, yakni sebesar 58,49 persen, diikuti Sumatera sebesar 21,66 persen, dan Kalimantan 8,20 persen. (nyc)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.