Jumat, 21 September 2018 11:05 WIB
pmk

Total Football

Selain Messi, Ini Pemilik Nomor 10 di Piala Dunia 2018 Rusia

Redaktur:

Kylian Mbappe

INDOPOS.CO.ID - Pemain bernomor punggung 10 sering kali mencuri perhatian di setiap edisi Piala Dunia. Mulai Pele di Brasil, kemudian Diego Maradona di Argentina, sampai Zinedine Zidane di Prancis. Siapakah yang akan menapak tilasi kejayaan mereka tahun ini ?

“Dia adalah Michel Platini kami, Zinedine Zidane kami. Dia merupakan pemain masa depan kami dan dia harus belajar agar matang di posisinya,” kata mantan penyerang timnas Prancis ketika juara Piala Dunia 1998, Christophe Duggary kepada Goal Jumat (23/3).

Pujian setinggi langit oleh Duggary kemarin ditujukan satu nama : Kylian Mbappe. Mantan penyerang Bordeaux, AC Milan, dan Barcelona itu memberikan dukungan untuk keputusan entraineur Prancis Didier Deschamps yang mempercayai nomor legendaris itu kepada Mbappe.

Mbappe memang punya sinar terang dalam dua musim terakhir. Setelah mengantar AS Monaco meraih juara Ligue 1 2016-2017 plus mencapai babak semifinal Liga Champions.  Lantas musim ini Mbappe yang bergabung dengan Neymar dan Edinson Cavani menjadi salah satu trisula lini depan paling ganas di dunia. Dari 150 gol Paris Saint-Germain (PSG) di semua ajang musim 2017-2018, trio MCN ini berkontribusi 80 gol.

Nah, Mbappe yang memakai nomor sepuluh ini seperti memutus rantai pemain medioker Les Bleus setelah era Zidane di Piala Dunia 2006 lalu. Pasca Zidane sudah delapan nama pemain yang bergantian memakai nomor itu di punggungnya.  Beberapa diantaranya Sidney Govou (Euro 2008 dan Piala Dunia 2010), Karim Benzema (Euro 2012 dan Piala Dunia 2014), dan ehm Andre-Pierre Gignac (Euro 2016).

Mbappe kepada Four Four Two mengatakan masih sulit percaya bagaimana takdir membawa karirnya melesat cepat bak roller coaster. Jika pada musim panas 2016 lalu, pemain kelahiran Bondy Prancis itu menjadi juara Euro U19 bersama Prancis U19, dua tahun kemudian Mbappe sudah bergabung dengan tim senior.

 “Apakah saya merasa tertekan karena pergi ke Piala Dunia ? Tidak sama sekali. Tekanan datang dari orang lain, tidak dari dalam diri saya. Buat saya sepak bola adalah tentang kesenangan,” ucap Mbappe kepada Four Four Two.

Dengan penunjukkan Mbappe sebagai pemain nomor 10 maka 'peta persaingan' di nomor ini akan seru. Di Mesir ada Mohamed Salah yang sedang greng sekaligus kandidat peraih sepatu emas Eropa dengan 28 gol di Premier League bersama Liverpool.

Kemudian ada jagoan assist Jerman yang membela Arsenal Mesut Oezil. Lantas ada Eden Hazard, gelandang serang Belgia yang musim ini 'dipaksa' Antonio Conte di Chelsea, bermain sebagai false nine.  Kalau saja rekan setim Mbappe Neymar tidak cedera, Neymar, mungkin pertarungan nomor 10 di Piala Dunia 2018 ini kian sengit. Brasil sendiri terus mengebut kesembuhan Neymar untuk tampil musim panas ini.

Dan status 'raja' nomor 10 di Piala Dunia ini tentu dipegang Lionel Messi. La Pulga sangat penasaran membawa Argentina juara dunia. Dalam tiga final turnamen terakhir, Piala Dunia 2014, Copa America 2015, dan Copa America 2016, Messi cuma menorehkan status nyaris. Argentina harus puas jadi runner-up karena dipukul Jerman (Piala Dunia 2014) dan Cile (Copa America 2015 serta 2016). (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN