Indobisnis

Mantap! Laba BUMN Capai Rp 183 T

Redaktur:
Mantap! Laba BUMN Capai Rp 183 T - Indobisnis

ULANG TAHUN- Menteri BUMN Rini M Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, serta Jajaran Direksi BUMN-BUMN menghadiri perayaan HUT ke-20 BUMN, di halaman Kantor BNI Kota, Jakarta, Minggu (25/3).  Foto: BUMN FOR INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat total laba yang diperoleh seluruh perusahaan  BUMN mencapai Rp 183 triliun pada 2017. Torehan tersebut naik lebih dari 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

”Capaian positif itu tidak lain karena sinergi antar BUMN. Dengan sinergi, BUMN yang rugi menjadi untung. Tahun ini adalah Tahun Kebersamaan, sehingga tahun depan pada perayaan HUT ke-21 Kementerian BUMN, seluruh BUMN  menjadi keluarga besar yang mensejahterakan,” ujar Menteri BUMN Rini M. Soemarno disela-sela perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-20 dengan melaksanakan acara BUMN Fun Bike dan Pesta Kuliner  di halaman Kantor BNI Kota di Jakarta, Minggu (25/3).

Lebih lanjut ia mengatakan, BUMN itu merupakan satu keluarga besar. Dengan jumlah 143 perusahaan BUMN. ”Karena itu seluruh perusahaan itu harus saling bersinergi sehingga BUMN dapat berpartisipasi dan menjadi pelaku utama dalam pembangunan Indonesia,” ujar Rini.

Lebih lanjut ia mengatakan,  jumlah BUMN rugi saat ini juga  berkurang menjadi 12 BUMN. ”Saya harapkan di tahun 2018, semua BUMN bisa untung dan keluarga besar BUMN bisa bahagia dan sejahtera bersama,” jelasnya.

Sementara itu disela perayaan HUT Kementerian BUMN  para peserta BUMN Funbike dan Pesta Kuliner diajak mengunjungi dan mengenali salah satu situs sejarah dalam industri perbankan Indonesia. Yakni Gedung PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di Jalan Lada Nomor 1, Jakarta. Gedung yang pernah menjadi Kantor Pusat BNI dan diresmikan oleh Presiden Pertama RI Soekarno pada 5 Juli 1964 . BNI berdiri pada 5 Juli 1946 sebagai bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia sejak NKRI Merdeka.

Pada awal  berdirinya, BNI mendapat mandat sebagai bank sentral hingga 1949. Acara kemudian kembali dilanjutkan dengan tujuan kembali ke Kantor Kementerian BUMN.    Kementerian BUMN merupakan transformasi dari unit kerja eselon II Departemen Keuangan (1973-1993) yang kemudian menjadi unit kerja eselon I (1993-1998 dan 2000-2001). Tahun 1998-2000 dan tahun 2001 sampai sekarang, unit kerja tersebut menjadi Kementerian BUMN. Kementerian BUMN memiliki tugas pokok dan fungsi melaksanakan pembinaan terhadap perusahaan negara atau BUMN di Indonesia. Hadir pada acara peringatan HUT,  Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, serta Jajaran Direksi BUMN-BUMN lainnya. (dai)

 

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / Gairahkan Ekonomi Jalur Selatan

Ekonomi / Tujuh BUMN Raih Teropong BUMN Award

Nasional / Banyak Komisaris BUMN Nama Doang, Nggak Bisa Apa-Apa

Ekonomi / Energi Panas Bumi untuk Sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat


Baca Juga !.