Rabu, 26 September 2018 02:15 WIB
pmk

Kesehatan

Dokter Mengingatkan Bahaya Tuberculosis HIV

Redaktur: Ali Rahman

dr. Dewi Sotya Wardhani

INDOPOS.CO.ID - Dokter National Health Program Spokesperson, dr Dewi Sotya Wardhani mengingatkan bahayanya Tubercolosis (TB) bagi penderita HIV. Karena TB dinobatkan sebagai pembunuh nomor satu bagi orang dengan virus HIV/AIDS.

"Lihat saja, tahun 2015 sebanyak 55 persennya merupakan kasus TB HIV. Sedangkan pada 2016 jumlah penderita TB HIV, hanya 380 juta yang tertangani," ucap dia kepada INDOPOS, Senin (26/3).

TB HIV, lanjut dia, sering terjadi keterlambatan diagnosis karena gejalanya subklinis pada awalnya, dan tidak menunjukkan gejala khas.

dr Sotya menerangkan kebanyakan penderita TB HIV mengalami gejala abses otak, dab meningitis. Kemudian disertai demam tinggi dan kejang, tidak sadarkan diri, serta jamur di mulut. "Selain itu juga akan terjadi infeksi jamur pada paru yang sangat khasya, berupa Pneumicytis Carini," sebut dia.

Faktor penyebabnya kebanyakan berasal dari drugs, anal sex, tattoo, donor darah atau organ, bergonta ganti pasangan. Selain itu bisa juga karena alat medis yg non steril yang digunakan oleh yang tidak berkompeten. (awa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tuberculosis #dr-dewi-sotya-wardhani #kesehatan 

Berita Terkait

Tren Diet Keto di Kalangan Millenial

Kesehatan

Lawan Stigma dengan Lari Marathon

Lifestyle

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

IKLAN