Senin, 24 September 2018 01:16 WIB
pmk

Nasional

OJK : Pelatihan dan Pendampingan jadi Kunci Sukses BWM

Redaktur: Redjo Prahananda

Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK, Ahmad Soekro Tratmono (tengah) dalam Diskusi FMB 9 yang digelar Kemenkominfo. foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK, Ahmad Soekro Tratmono, mengatakan, kunci sukses Bank Wakaf Mikro (BWM) berjalan dengan lancar adalah melalui pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh unit kerjanya.

Ahmad menuturkan kunci BWM yang saat ini mulai berjalan diwilayah pesantren, berada pada pendampingan terhadap BWM itu sendiri dan masyarakatnya (nasabah). Sedangkan pendampingan operasional usahanya, minimal dilakukan selama 6 bulan.

"Yang kita kembangkan agar bisa sestim adalah pendampingan karena tujuannya memberdayakan umat disekitar pesantren," tegas Ahmad dalam diskusi Forum Medan Merdeka Barat 9 yang digelar Kemenkominfo, di Jakarta, Selasa (27/3).

BWM sendiri, kata dia, merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang mempunyai platform diwilayah pesantren.

Lebih jauh lagi Ahmad menjelaskan bahwa BWM berbeda dengan lembaga keuangan lain. BWM sifatnya non deposit taking. "Jadi kesepakatan pendirinya ini tidak akan menghimpun dana dari masyarakat karena dananya full dari donatur," jelas dia.

Kemudian skema pembiayaan melalui BWM adalah pembiayaan tanpa agunan dengan nilai maksimal Rp3 juta dan minimal Rp 1 juta dengan margin bagi hasil setara 3 persen.

"Program ini mempunyai potensi besar untuk bisa membantu mengatasi permasalahan ekonomi di masyarakat," tutupnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ojk #kemenkominfo #diskusi-fmb-9 

Berita Terkait

OJK Belum Beri Fintech Kepastian Izin Penuh

Ekonomi

Peraturan untuk Industri Fintech Perlu Dipermudah

Indobisnis

IKLAN