Sabtu, 17 November 2018 10:43 WIB
pmk

Nasional

IMLOW Apresiasi Penurunan Tarif Tol Angkutan Logistik

Redaktur: Novita Amelilawaty

TARIF TURUN: Sejumlah kendaraan melaju di ruas jalan tol lingkar luar Jakarta W2 di Jakarta, Rabu (28/3). Pemerintah menargetkan penurunan tarif tol dapat direalisasikan akhir bulan ini dengan besaran antara 20-30 persen, kebijakan tersebut akan diberlakukan untuk angkutan logistik dengan harapan dapat meningkatkan daya saing logistik nasional. Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Upaya pemerintah menurunkan tarif tol khusus angkutan logistik mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Seperti dari pemerhati dan pegiat bisnis di sektor transportasi dan logistik.

"Itu akan sangat membantu menggairahkan iklim usaha logistik di Indonesia. Saat ini usaha transportasi dan angkutan logistik nasional membutuhkan stimulus konkret di tengah ketatnya persaingan bisnis sejenis pada tataran lokal maupun global," ujar Pengamat Logistik dan Kemaritiman dari Indonesia Maritime, Logistic dan Transportaion Watch (IMLOW) Achmad Ridwan Tento, Rabu (28/3).

Lebih lanjut ia mengatakan, penurunan tarif tol merupakan angin segar bagi pelaku usaha logistik. "Apalagi sudah ada pernyataan Presiden Joko Widodo yang akan menurunkan tarif tol khusus transportasi logistik," ujar Ridwan.

Mantan Sekjen BPP Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) itu, menambahkan, pelaku bisnis tentu mengapresiasi upaya Pemerintah RI yang terus berkomitmen menurunkan beban biaya logistik nasional untuk mendongkrak logistic performance indeks (LPI) Indonesia.

"Namun, pengusaha angkutan logistik juga harus patuh terhadap regulasi yang dikeluarkan pemerintah menyangkut larangan kelebihan muatan yang diangkut atau over tonase truk di jalan," ujar Ridwan.

Adapun Presiden Jokowi telah meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri BUMN, dan Menteri Perhubungan supaya tarif tol yang berhubungan dengan transportasi logistik atau transportasi barang bisa diturunkan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan, juga mengapresiasi rencana Pemerintah untuk menurunkan tarif tol khusus angkutan logistik.

"Kalau tarif tol-nya bagi angkutan turun, ya otomatis ongkos angkutan logistik juga bisa kita turunkan. Kami menilai Pemerintah cukup responsif pada dunia usaha. Jika dilakukan penurunan tarif tol logistik ini salah satu upaya nyata menurunkan cost logistik," pungkasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #imlow #tarif-tol 

Berita Terkait

IKLAN