Minggu, 23 September 2018 09:48 WIB
pmk

Kesehatan

Bantu Anak Berkebutuhan Khusus, Asah Bakat dan Kepercayaan Dirinya

Redaktur: Novita Amelilawaty

BANGGA : Ketua IDAI Jaya, Profesor Rini Sekartini SpAK yang telah menyampaikan paparannya mengenai Sindroma Down, Rabu (28/3).

INDOPOS.CO.ID - Jika mendapat stimulasi yang tepat dan kasih sayang yang berlimpah, anak-anak berkebutuhan khusus seperti Sindroma Down dapat berkembang secara maksimal. Itu disampaikan Ketua IDAI Jaya, Profesor Rini Sekartini.

Ia menjelaskan, tujuan utama terselenggaranya acara memperingati Hari Sindroma Down Sedunia itu adalah memperkenalkan kepada orang tua untuk menyosialisasikan tentang Sindroma Down kepada masyarakat luas agar tak boleh dipandang sebelah mata dan jangan dijauhi. Umumnya, banyak yang memang belum memahami sehingga seringkali merasa takut dengan Sindroma Down yang gerakannya sangat aktif.

"Pasti sebagian orang tua sudah down, tapi harus tetap bangkit. Betul bahwa anak-anak ini berbeda namun kita ingin publik paham bahwa Sindroma Down mampu berkreasi dan berprestasi," ujarnya kepada INDOPOS di Jakarta, Rabu (28/3).

Ia mengungkapkan, sebagian orang tua dengan anak Sindroma Down pastinya ada yang tidak dapat menerima kondisi. Untuk itu dengan adanya kegiatan seperti ini, sering berkumpul dan melakukan sharing sesama orang tua lainnya, sangat berguna untuk saling menyemangati. Sebab dengan berbagi, terapi untuk mengobati hati juga dapat dilakukan.

"Jika orang tua belum menerima kondisi akan berdampak kepada anaknya. Jadi harus berbesar hati dan terus bersemangat, bantulah sang anak unjuk bakat sejak dini," jelasnya. Mereka memang berbeda, tetapi jangan dibeda-bedakan. “Publik harus respek dan tidak boleh mengucilkan," tambahnya. (ays)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #idai 

Berita Terkait

IKLAN