Headline

Berikut Delapan Poin Tuntutan Jaksa KPK untuk Setnov

Redaktur: Redjo Prahananda
Berikut Delapan Poin Tuntutan Jaksa KPK untuk Setnov - Headline

Foto : Jawa Pos

INDOPOS.CO.ID - Setya Novanto dituntut 16 tahun penjara serta denda Rp 1 Miliar subsider 6 bulan oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Selain itu, masih ada tujuh tuntutan lainnya yang disampaikan jaksa kepada majelis hakim sebagai jerat hukum kepada mantan Ketua DPR RI tersebut.

Berikut delapan tuntutan jaksa KPK kepada terdakwa korupsi e-KTP dalam sidang Kamis (29/3) di PN Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat. Dibacakan salah seorang jaksa Abdul Basir dalam keputusan tuntutan dari 2.415 lembar berkas tuntutan Kamis sore.

"Menuntut agar majalis hakim menyatakan terdakwa telah terbukti bersalah dan menjatuhkan pidana berupa penjara 16 tahun denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan," tegasnya.

Kemudian poin tuntutan kedua adalah pidana tambahan untuk membayar uang pengganti USD 7,4 Juta dikurang Rp 5 miliar yang sudah dikembalikan terdakwa selambatnya 1 bulan setelah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

"Jika tidak, maka harta benda terdakwa disita dan dilelang jaksa untuk menutup uang pengganti tersebut. Apabila tak cukup maka dipidana penjara 3 tahun," tambahnya.

Kemudian poin ketiga menjatuhkan pidana tambahan dengan mencabut hak politik 5 tahun dalam jabatan publik sejak selesai menjalani masa pemidanaan. Keempat, menetapkan lama penahanan dikurangi seluruh pidana penjara yang dijatuhkan.

Poin kelima menuntut terdakwa tetap dalam penjara. Keenam dibacakan jaksa dalam tuntutannya, menyatakan barang bukti uang Rp 5 miliar yang telah disetorkan terdakwa ke rekening Bank Mandiri atas nama KPK 12 maret 2018 dirampas untuk negara.

Ketujuh, Barang bukti nomor 1 sampai 7.372 seluruhnya digunakan untuk pembuktian perkara lain dan poin tuntutan terakhir, membayar biaya perkara Rp 7500.(egp)

 
 

Baca Juga


Berita Terkait

Hukum / Dipindah ke Gunung Sindur, Agar Setnov Tobat

Headline / Setnov Salahgunakan Izin Berobat, ni Kronologinya

Megapolitan / 91 Tahanan Kehilangan Hak Pilih


Baca Juga !.