Minggu, 23 September 2018 07:30 WIB
pmk

Liga Italia

Juventus: Scudetto Penting, Apalagi Champions

Redaktur:

Pemain Juventus, Douglas Costa.

INDOPOS.CO.ID - Akhirnya, Serie A memasuki fase krusial. Dan, untuk giornata ke-30 akan tersaji grande partita antara Juventus dan AC Milan dini hari nanti. Memang, pertemuan kedua klub tersebut tidak bersinggungan langsung scudetto. Hanya, tre punti tetap krusial bagi keduanya. Hanya kemenangan yang membuat Juve bertahan di capolista hingga pekan depan. Sebab, Napoli pekan ini hanya menghadapi Sassuolo hanya dua jam sebelum Juve kontra Milan di Allianz Stadium digeber.

Giornata ke-30 juga menjadi yang pertama dalam beberapa bulan terakhir Partenopei main terlebih dahulu daripada Juve. Nah, bila tim polesan Maurizio Sarri itu bisa menang dari Sassuolo, otomatis tekanan ada di kubu Juve karena mereka harus menang dari Milan.

''Sejarah sudah berbicara bahwa Juve adalah klub terhebat di Italia. Mereka memenangkan lebih dari 30 scudetto dan enam diantaranya diraih dalam enam musim terakhir. Mereka juga didukung kekuatan finansial yang hebat,'' kata bek Napoli Raul Albiol kepada Marca. ''Sedangkan kami, untuk dua faktor tersebut tidak bisa dibandingkan dengan mereka. Namun, Napoli adalah keluarga dan kami memiliki mimpi yang sama untuk memenangkan scudetto hingga batas terakhir,'' sambung eks bek Real Madrid itu.

Bila menilik sisa laga musim ini, maka pernyataan Albiol bisa saja terbukti. Sebab, Juve masih harus berjuang di Liga Champions dan Coppa Italia. Apesnya, leg pertama perempat final melawan Real Madrid hanya berjarak empat hari dari laga dini hari nanti. Juve juga masih harus menghadapi Milan sekali lagi di final Coppa Italia Mei mendatang.

Namun, ada satu senjata ampuh Juve yang tidak dimiliki Partenopei selama ini. Lo spirito khas Juve biasanya muncul di saat krusial. Nah, dengan estimasi Napoli dan Juve terus menang hingga giornata ke-33, maka laga di giornata ke-34 bisa dibilang final. Sebab, Juve akan menjamu Napoli di Allianz Stadium (22/4).

''Saat ini justru momen tepat karena antusiasme pemain juga sangat tinggi. Memang, kami masih kesal dengan hasil imbang kontra SPAL (17/3). Namun, itu sudah berlalu dan kami harus siap melawan Milan yang sangat taktikal,'' kata allenatore Juve Massimiliano Allegri.

Juve mendapat suntikan eneregi dengan sudah pulihnya Giorgio Chiellini dan Juan Cuadrado. Bahkan, pelatih 50 tahun itu menggaransi bahwa Chiellini jadi starter sedangkan Cuadrado mengawali laga dari bench.

Tetapi, kondisi Rossoneri juga hampir mirip dengan Juve. Mereka bisa diperkuat Alessio Romagnoli dan Davide Calabria usai sembuh dari cedera. Kembalinya Calabria membuat bek kanan Milan kembali memiliki stok setelah Ignazio Abate dan Andrea Conti masih cedera.

Kondisi serupa lainnya adalah laga pasca grande partita dini hari nanti. Bila Juve harus menghadapi Real, Milan harus berjibaku di Derby della Madonnina di hari yang sama. Sebagaimana diketahui, derby sejatinya dihelat 4 Maret. Namun, harus batal lantaran kematian mendadak kapten Fiorentina Davide Astori.

Milan juga memburu tiga poin untuk merealisasikan target menembus empat besar untuk tiket Liga Champions musim depan. Saat ini, tim polesan Gennaro Gattuso itu ada di posisi enam dan hanya terpaut lima poin dari Inter Milan yang ada di tempat keempat (50-55). ''Memenangi trofi (Coppa Italia, Red) memang penting dan menyenangkan. Tetapi, jujur saja, saya lebih memprioritaskan Milan masuk empat besar,'' kata winger Milan Suso. (io)


TOPIK BERITA TERKAIT: #juventus #liga-italia 

Berita Terkait

Ludahi Lawan, Douglas Costa Diskorsing 4 Pertandingan

Liga Italia

Sudah Minta Maaf, Winger Juventus Tetap Kena Denda

Liga Italia

Jamu Parma, Icardi Ingin Pecah Telur

Liga Italia

Juventus Resmi Perpanjang Kontrak Sami Khedira Hingga 2021

Total Football

Bukan CR7, Tapi CR5,5

Liga Italia

IKLAN