Rabu, 14 November 2018 07:56 WIB
pmk

Jakarta Raya

Pabrik Rambut Palsu di Cilincing Hangus

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Setelah nyaris 6 jam kebakaran yang melanda pabrik rambut palsu alias wig milik PT Misung Indonesia berkobar kencang.

Kebakaran di pabrik wig termasuk gudang plastik dan karet didalamnya itu, berlokasi di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Kelurahan Sukapura Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Api sendiri mulai berkobar sekitar pukul 11.30 dan mulai dapat dipadamkan sekitar pukul 17.00.

Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran Jakarta Utara plus 3 unit mobil pemadam dari Jakarta Timur dikerahkan untuk mengatasi kebakaran.  

Junaedi petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota (PKPK) Jakarta Utara menjelaskan api cepat berkobar di pabrik wig tersebut lantaran produksi rambut palsu tersebut mengandung bahan sintetis.

Material tersebut mengandung plastik dan karet didalamnya. Sehingga selain api cepat berkobar, ditambah lagi asap hitam pekat karena karet dan plastik yang terbakar membuat dinas pemadam kesulitan memadamkan api. 

"Asapnya yang hitam pekat sekali itu karena bahan wig itu sebagian mengandung material plastik dan karet. Ditambah lagi angin yang bertiup begitu kencang," lontar Junaedi di lokasi kebakaran, Sabtu (31/3).

Namun menurut dia, dari keterangan pengelola pabrik bahwa saat kejadian pabrik sedang tutup alias libur, artinya tak ada satupun karyawan yang sedang bekerja di dalam pabrik saat kebakaran berlangsung. ”

Senada dengan Junaedi, Kasudin PKPK Satriadi Gunawan mengakui pihaknya memang agak kesulitan memadamkan api lantaran adanya bahan material karet yang membuat api cepat membesar diikuti asap hitam tebal. 

"Material karet sulit dipadamkan.”

Junaedi tak dapat memastikan penyebab kebakaran itu. Apalagi saat kebakaran pabrik sedang tutup karena libur. "Masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," tandasnya.

Si jago merah selain melalap pabrik, juga menghanguskan dua truk kontainer berukuran 20 feet dan 40 feet berisi rambut palsu siap jual yang hendak diantar ke Pelabuhan Tanjung Priok, untuk selanjutnya diangkut ke luar negeri.

"Hanya satu kontainer ukuran 40 feet yang sudah tiba di pelabuhan Tanjung Priok tadi pagi," ujar salah seorang sopir truk kontainer yang truknya terbakar hangus, Ahmad. 

Menurut dia, rata-rata pabrik wig tersebut mengekspor antara 6 sampai 9 kontainer wig ke ke luar negeri, khususnya ke daratan Eropa. (ind)
 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran #pabrik-rambut-palsu 

Berita Terkait

Si Jago Merah Ngamuk, Rumah dan Isinya Ludes

Nusantara

SPBU Ludes Dilalap Api

Megapolitan

Si Jago Merah Melalap Habis Gerbang Tol Pejompongan

Jakarta Raya

Api Membara di Gunung Wilis

Nusantara

IKLAN