Rabu, 19 September 2018 10:06 WIB
pmk

Nasional

Pantau UNBK SMK, Mendikbud Pastikan Tak Ada Soal Bocor

Redaktur: Riznal Faisal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat memantau UNBK. Foto: Rizal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memantau langsung jalannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK yang dimulai hari ini (2/4). Muhadjir memilih mengunjungi dua SMK di wilayah Jakarta Selatan, yaitu SMK 26 dan SMK 6.

Muhadjir Effendy menyebutkan, UNBK di SMK 6 dan SMK 26 sudah berjalan dengan baik. Apalagi kualitas tahun ini soal UNBK lebih berkualitas dan potensi kecurangan dapat ditekan hingga titik terkecil. Selain itu, tingkat kejujuran siswa akan makin meningkat dengan meningkatnya kualitas soal UNBK.

"Mudah-mudahan tidak bisa bocor karena secara teknis dari Kemendikbud sudah mengunci beberapa bagian yang berpotensi mengalami kebocoran. Misalnya, sekarang tiap siswa peserta ujian hanya menghadapi satu soal yang beda dengan yang lain sehingga enggak mungkin saling urunan atau bocoran jawaban yang bisa diseragamkan," ujar Muhadjir.

Dia mengatakan, tahun ini soal yang digunakan menggunakan higher order thingking skills (HOSTS). Sehingga siswa dapat terdeteksi kemampuan pada level tinggi. Sebelumnya guru sekolah pun telah dilakukan pelatihan agar dapat membuat soal yang serupa dengan HOST. Jadi para siswa telah siap sebelum memulai UNBK hari ini.

"Target secara substantif kita akan meningkatkan kualitas dari soal ujian yaitu dengan memasukkan secara bertahap standar yang disebut dengan HOTS yang menjadi standar sampai tahun 2025. Kita harapkan kemampuan yang bisa dideteksi siswa-siswi kita yang sudah menggunakan HOTS," pungkasnya. (cr-1)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #unbk #mendikbud-muhadjir-effendy 

Berita Terkait

IKLAN