Kamis, 21 Juni 2018 12:01 WIB
bjb idul fitri

Liga Inggris

The Blues Rugi Rp 580,3 M

Redaktur:

Alvaro Morata

INDOPOS.CO.ID – Kalau Chelsea gagal lolos ke Liga Champions musim ini, eksesnya bukan hanya pada masa depan Antonio Conte di London Cobham, kamp latihan Chelsea. Pundi-pundi uang The Blues juga terseret di dalamnya. Boleh jadi inilah kegagalan kedua dalam tiga musim terakhir setelah kali terakhir mengalaminya musim 2015-2016.

Forbes mengklaim,  finansial klub milik Roman Abramovich itu pada neraca keuangan di 2018 ini bakal melorot. Bisa-bisa The Blues merugi sampai GBP 30 juta (Rp 580,3 miliar). ''Keuntungan saat musim lalu juga ikut jadi bebannya,'' sebut Forbes dalam artikelnya. Ketika memenangkann Premier League musim lalu, Chlesea hanya mampu meraih profit GBP 15 juta (Rp 290,1 miliar).

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

Sejak diakusisi Abramovich pada musim panas 2003, itu baru tercatat dalam keuntungan terbesar kedua Chelsea sepanjang sejarah. Tersedotnya banyak anggaran saat musim 2015-2016 menjadi penyebabnya. Musim itu, Chelsea harus membayar GBP 7,5 juta (Rp 145 miliar) sebagai uang kompensasi setelah memecat Jose Mourinho.

Meski, itu hanya 10 persen dari total pengeluaran Chelsea musim itu, termasuk di dalam pengeluaran itu untuk membayarkan kompensasi ke Adidas setelah menyudahi kontraknya enam musim lebih awal dari klausul sebelumnya. Musim ini anggaran Chelsea sudah habis GBP 230 juta (Rp 4,4 triliun) untuk belanja pemain dalam dua jendela transfer.

Dengan peluang Gary Cahill dkk finis di posisi kelima, maka uang yang mereka peroleh dari Premier League hanya sekitar GBP 12 juta (Rp 232,1 miliar). Berlaga di kasta Liga Europa pun akan berpengaruh dengan drop-nya pendapatan seperti saat main di Liga Champions. Uang penurunannya pun lumayan besar, GBP 50 juta (Rp 967,3 miliar).

Dilansir Goal, potensi kerugian itu pun dapat berdampak ke anggaran renovasi Stamford Bridge yang rencananya dimulai paling cepat di musim depan. ''Ini tantangan kami saat kami di Liga Europa, bukan di Liga Champions,'' ungkap chairman Chelsea, Bruce Buck. Dia pun tetap ingin meminta fans Chelsea memenuhi tribun Stamford Bridge musim ini.

Lolos atau tidak ke Liga Champions. ''Karena, fans-lah yang memegang peran terpenting (dalam pertumbuhan finansial klub). Datang ke tiap laga, lalu makin menjamurnya fans base di penjuru dunia dapat mendongkrak kerja sama komersial terbentuk,'' tambah Buck. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #chelsea #liga-inggris #liga-champions 

Berita Terkait

Legenda Liverpool Minta Karius Tak Disalahkan

Liga Champions

Cedera Bahu, Peluang Salah Tampil di PD 2018 Terancam

Liga Champions

Setelah 37 Tahun, Tiga Sejarah Dunia Terulang di 2018

Internasional

CR7 Rebut Sepatu Emas Liga Champions 6 Kali

Liga Champions

IKLAN