Selasa, 17 Juli 2018 10:34 WIB
bjb juli

Politik

KPU Gelar Uji Publik RPKPU Pemilu 2019

Redaktur: Sicilia

Uji Publik Rancangan Peraturan KPU tentang Pemilu, di Jakarta, Kamis (5/4). Foto: M. Rizal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar uji publik terhadap Rencana Peraturan KPU tentang pemilihan calon legislatif dan presiden pada tahun 2019. Uji publik tersebut digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (5/4).

Menurut Ketua Komisioner KPU RI Ilham Saputra, agenda uji publik ini menjadi salah satu proses mekanisme yang harus dijalankan sebelum Rapat Dengar Pendapat (RDP). Nantinya, hasil uji publik tersebut akan dibawa ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sebab menurutnya, rencana peraturan ini nantinya menjadi jantung dari Pemilu 2019. "Cukup krusial ya. Perlu kita sampaikan kepada stakeholder pemilu, baik itu partai politik atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang konsen dengan pemilu dan juga pada bawaslu," ujarnya

Ilham berharap, dalam uji publik ini beberapa pihak dapat memberikan masukan dari hasil penelitian atau riset untuk menguatkan rencana aturan tersebut. Kemudian, partai juga diminta aktif dalam menanggapi aturan ini sehingga bisa mengakomodir seluruh pihak.

Disamping itu, masyarakat juga dianggap wajib untuk mengetahui rencana aturan ini. Sehingga masyarakat dapat memilih secara cermat dengan menggunakan aturan ini.

"Lembaga kita undang untuk memberikan masukan dari hasil riset atau penelitiannya. Partai politik pun begitu. Sehingga, aturan ini nantinya tidak bermasalah atau merugikan partai tertentu. Masyarakat juga harus tahu, karena kan nanti mereka yang memilih,” paparnya. (cr-1)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #aturan-pemilu #kpu #rpkpu-pemilu-2019 

Berita Terkait

IKLAN