Minggu, 23 September 2018 12:04 WIB
pmk

Liga Jerman

Augsburg vs Bayern Muenchen, Tuntaskan Jalan Juara

Redaktur:

JAMES RODRIGUEZ

INDOPOS.CO.ID - Bundesliga musim ini sesungguhnya potensial seru. Penyebabnya, sang juara bertahan, Bayern Muenchen, mengalami  turbulensi ketika der trainer Carlo Ancelotti menjalani musim keduanya. Bayern bahkan sempat melorot ke posisi enam pada spieltag ketiga usai kalah 0-2 dari Hoffenheim (9/9).

Tak mau krisis melanda klub elit Jerman itu kian dalam, CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge langsung bertindak. CEO yang karib dengan panggilan Kalle ini memecat Ancelotti dan memanggil kolega lamanya. Maka jadilah Jupp Heynckes der trainer interim Bayern per 28 September. Pria 72 tahun itu dikontrak satu musim.

Kembalinya Heynckes mengembalikan muruah Bayern sebagai penakluk liga. Tujuh bulan Heynckes memegang kendali, saat ini Bayern sudah di ambang meraih Meisterschale untuk kali ke-28. Gelar musim ini menjadi yang keenam secara beruntun sejak 2012-2013.

Syarat Bayern mengamankan gelarnya yakni dengan meraih poin absolut pada spieltag ke-29 nanti malam (7/4) di kandang Augsburg, WWK Arena. Seandainya Bayern kalah tapi penguntit terdekatnya Schalke 04 gagal menang atas Hamburger SV di Volksparkstadion (7/4), Bayern tetap juara.

Bek Bayern Mats Hummels dalam situs resmi klub mengatakan,  timnya berambisi mengunci gelarnya pekan ini. Jika sudah mengamankan mahkota domestik,  maka Die Roten bisa rileks pada leg kedua perempat final Liga Champions Kamis (12/4) di Allianz Arena.   “Kami ingin menjaga ritme tim ini setelah kemenangan besar pekan lalu lawan (Borussia) Dortmund. Secara logika kami bisa mengangkat trofi pekan ini,” kata Hummels.

Dari rekam jejak pertemuan Bayern lawan Augsburg yang sudah terjadi 16 kali di semua ajang, Bayern unggul mutlak. Bayern menang 14 kali dan hanya kalah dua kali. Di posisi klasemen pun Bayern bertengger di posisi teratas. Augsburg menempati peringkat sepuluh.

Winger Bayern Arjen Robben kepada DAZN mengatakan,  peluang timnya mempertahankan mahkota sangat besar. Dengan margin 17 poin atas Schalke 04 di posisi kedua, hanya keajaiban yang bisa membuat Bayern terjegal dan gagal meraih gelar musim ini. Bayern kehilangan gelar seandainya di enam pekan terakhirnya kalah semua sementara Schalke 04 menang terus.

Nah, Robben yang tak selalu bermain sebagai starter musim ini berharap kontraknya yang rampung Juni mendatang segera menemui titik terang. Di usianya yang sudah 34 tahun tersebut penawaran kontrak oleh Bayern tentu tidak dalam jangka panjang.

 “Saya merasa masih dalam kondisi bagus dan terus bermain. Tawaran dari Tiongkok dan AS memang ada namun saya merasa bisa kompetitif di salah satu liga terbaik dunia,” ucap Robben.

Bayern dalam pertandingan lawan Augsburg ini kehilangan Arturo Vidal dan Juan Bernat yang mengalami cedera pada Rabu (4/4) lalu saat melawat ke kandang Sevilla di leg pertama perempat final Liga Champions.

Di sisi lain, der trainer Augsburg Manuel Baum dalam situs resmi klubnya menyadari penentuan gelar Bundesliga akan ada di tangannya. Kalau Bayern menang maka musim berakhir di spieltag ke-29 ini.   “Saya menaruh respek kepada Jupp Heynckes dan seluruh pemain Bayern. Akan tetapi saya lebih senang kalau pesta juara dilangsungkan Bayern di kandangnya, bukan di kandang kami,” tutur Baum. Menjelang pertandingan ini, penyerang Augsburg asal Islandia Alfred Finnbogason siap tampil setelah sejak Februari lalu mengalami cedera betis. (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bayern-muenchen 

Berita Terkait

Lewandowski (Bisa) Tanpa Pesaing

Total Football

Era Baru Bayern Muenchen Ditangan Niko Kovac Dimulai

Total Football

Bayern Muenchen vs Real Madrid, Panggung Predator Eropa

Liga Champions

Sevilla vs Bayern Muenchen, Menantang Kutukan Spanyol

Liga Champions

Rilis Buku, Mueller Inspirasi dari Tulisan Sendiri

Liga Jerman

IKLAN