Senin, 19 November 2018 11:00 WIB
pmk

Nasional

Peran Ulama Sangat Strategis

Redaktur:

ZIARAH- Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berziarah berziarah ke makam Guru Tua Habib Idrus bin Salim Aldjufrie sebagai pendiri Pesantren Al-Khairaat, di Palu, Sulteng, Jumat (6/4).

INDOPOS.CO.ID - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menekankan pentingnya peran ulama dalam proses bernegara. Ulama merupakan tokoh strategis yang saran dan masukannya barang tentu didengarkan oleh umat.

”Peran ulama memang peran yang strategis, didengar oleh umat,” kata Surya usai berkunjung ke kediaman pimpinan Pondok Pesantren Al Khairaat Habib Seggaf Aldjufrie di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (6/4).

Untuk itu, kata Surya, sikap dan posisi ulama dalam menyikapi sesuatu menjadi amat penting dan sangat berpengaruh bagi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara. Surya menilai akan menjadi celaka ketika ulama tidak memposisikan dirinya sebagai tokoh yang arif dan bijak. ”Dengan posisi seorang ulama, tapi nilai kearifan tidak terasa di sana getarannya. Nah itu sudah menurut kita menyedihkan,” ujar Surya.

Beda halnya ketika ulama pandai memposisikan diri. Surya menilai negara akan terasa lengkap jika memiliki banyak ulama yang pandai membawa pikiran dan gagasannya. ”Ketika ulama juga disertai dengan pikiran-pikiran dan wawasan, pemahaman dan kearifannya, lengkaplah sudah itu,” ungkapnya. 

Sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam polemik puisi Sukmawati Soekarnoputri, menurut Surya, bisa menjadi contoh peran ulama yang arif dan bijaksana. Usai mendengar langsung penjelasan Sukmawati, MUI meminta umat memaafkan cucu Proklamator Bung Karno itu. 

Ketua MUI Ma’ruf Amin menilai Sukmawati sudah secara sadar mengakui kesalahannya dalam puisi 'Ibu Indonesia'. Atas penjelasan Sukmawati, Ma'ruf juga menilai Sukmawati tidak berniat menghina Islam.

Sebelum mendatangi kediaman Habib Seggaf Aldjufrie, Surya Paloh sempat berziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Al Khairaat Habib Idrus bin Salim Aldjufrie yang merupakan kakek dari Seggaf Aldjufrie. (aen)


TOPIK BERITA TERKAIT: #peran-ulama-sangat-strategis #partai-nasdem 

Berita Terkait

Caleg Kumpulkan Relawan di Hari Pahlawan

Nasional

Tutup Mediasi, NasDem Polisikan Rizal Ramli

Politik

IKLAN