Selasa, 23 Oktober 2018 11:42 WIB
pmk

Internasional

Mumi Berusia 4 Ribu Tahun Terungkap Melalui Gigi

Redaktur:

MEMECAHKAN - FBI berhasil ungkap DNA kepala mumi berusia 4.000 tahun melalui gigi. AFP

INDOPOS.CO.ID - Federal Bureau of Investigation (FBI) berhasil memecahkan misteri identitas kepala mumi yang berusia 4.000 tahun. Identitasnya terungkap setelah FBI meneliti DNA melalui gigi sang mumi.

Sejak 1915, sebuah kepala mumi yang terputus ditemukan di sudut makam yang dijarah di daerah Mesir kuno Deir el-Barsha. Para arkeolog sempat bingung megenai identitas kepala mumi tersebut. Awalnya, makam tersebut diyakini milik seorang gubernur bernama Djehutynakht dan istrinya.

"Kami tidak pernah tahu apakah kepala tersebut merupakan Djehutynakht atau istrinya," ucap Kurator Museum of Fine Arts (MFA) Boston, Rita Freed, yang telah menyimpan seluruh isi makan sejak 1920 dilansir dari CNN, Minggu (8/4).

Setelah hampir 100 tahun, berkat penelitian FBI yang diterbitkan bulan lalu di jurnal Gen, mereka dapat memastikan bahwa kepala itu milik seorang laki-laki yang merupakan gubernur Djehutynakht. Bagi Freed, ini bukan hanya sebagai tanda puncak pemecahan teka-teki arkeologi abad tua.

Namun, bukti kemajuan teknologi dalam pengujian DNA. "Kami sekarang tahu FBI telah mengembangkan teknik untuk merekonstruksi DNA. Jika mereka dapat merekonstruksi DNA dari gigi berusia 4.000 tahun, maka mereka juga dapat melakukan rekonstruksi pada banyak hal," lanjutnya.

Usia kepala yang sudah tua dan lingkungan gurun tempat ia ditemukan membuat kesulitan proses rekonstruksi DNA. Ilmuan forensik di FBI, Odile Loreille menjelaskan bahwa DNA terdegrasasi lebih cepat dalam kondisi panas.

Pemahaman ini mengarah pada keyakinan bahwa tak seorang pun dapat mengambil DNA dari sisa-sisa Mesir kuno. Hal tersebut kemudian terpatahkan dengan sampainya para ilmuwan Jerman pada 2017 lalu yang mendekodekan genome Mesir kuno untuk pertama kalinya. (trz/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mumi #internasional 

Berita Terkait

Indonesia-Arab Saudi Berupaya Tekan Pengangguran

Headline

Doktor di India Ciptakan Jalan dari Plastik

Internasional

PM Selandia Baru Melahirkan Anak Perempuan

Internasional

Setelah 37 Tahun, Tiga Sejarah Dunia Terulang di 2018

Internasional

IKLAN