Sabtu, 17 November 2018 06:44 WIB
pmk

Nusantara

Hotel di Jambi Berkobar, Ratusan Tamu Dievakuasi

Redaktur:

MEMBARA-Suasana kebakaran yang menimpa Hotel Novita di kawasan Pasar, Kota Jambi, Senin (9/4). Foto: M. Ridwan/Jambi Ekspres/JPG

INDOPOS.CO.ID – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Jambi. Kali ini si jago merah melalap Hotel Novita yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar, Kota Jambi. Kebakaran terjadi kemarin (9/4) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kebakaran hebat ini menyita perhatian. Untuk pemadaman dikerahkan sekitar 500 personel gabungan TNI, Polda Jambi, BPBD dan Damkar, Basarnas, PDAM dan pihak terkait lainnya.

Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS,saat dikonfirmasi wartawan di lapangan mengatakan, kebakaran awalnya terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Dimana, salah satu karyawan melihat percikan api di lantai empat. ”Di ruangan sauna dan pusat kebugaran,” ujar Brigjen Pol Muchlis AS.

Dalam pemadaman, petugas mendapat kesulitan. Dimana, pemadaman terhalang oleh dinding. Polda Jambi sendiri mengerahkan 5 Water Cannon untuk melakukan pemadaman.  Saat ditanya penyebab kebakaran, Kapolda tidak bisa memastikan. Dia mengaku pihaknya akan mendatangkan tim Laboratorium Forensik Polri dari Palembang. ”Kita tidak bisa menduga-duga, nanti keliru Saya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD dan Damkar Kota Jambi, Ridwan, mengatakan, belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Dia memastikan jika api berasal dari lantai 4. ”Kami mendapat laporan sekitar pukul 05.00 WIB,” ujarnya.

Menurut Ridwan, bangunan tersebut sudah cukup tua. Jadi ada beberapa alat protek dari kebakaran yang tidak berfungsi. ”Jadi bangunan ini sudah cukup tua. Kita juga sudah memberikan himbauan untuk peduli terhadap bencana kebakaran,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, kebakaran mulanya terjadi di lantai empat. Petugas dari Damkar mengerahkan 7 unit armada untuk melakukan pemadaman. Bahkan, air dicampur dengan deterjen.

Api kian membesar sekitar pukul 11.00 WIB, api yang awalnya hanya berada di sisi kiri depan bangunan merembet ke bagian tengah lantai II. Pihak kepolisian terus berupaya memadamkan api. Sementara, beberapa mobil Damkar dan PDAM terus menyuplai air.

Pukul 12.00 WIB, sejumlah tim dari Damkar berusaha masuk menggunakan oksigen dan baju anti api. Rencananya pemadaman akan dilakukan dari dalam. Namun, tiba-tiba api membesar. Pecahan kaca terus berjatuhan, membuat petugas mengurungkan niatnya.

Pemadaman terus dilakukan, warga juga sudah berkerumun menyaksikannya. Sekitar pukul 13.00 WIB, api di bagian tengah lantai II sudah terlihat padam. Petugas melakukan pendinginan. Namun, terlihat dari arah belakang gedung tepatnya dekat Mall Batanghari, asap pekat keluar. Karena posisi yang jauh petugas tidak bisa melakukan pemadaman. Sekitar 30 menit kemudian, asap pekat yang disertai dengan api terlihat di bagian puncak hotel berlantai 11 ini. Sontak membuat warga yang dilokasi berteriak. ”Api, api di atas. Besak apinyo,” teriak salah seorang warga yang melihat kejadian.  Selama 12 jam, hingga pukul 18.00 WIB, api belum bisa dipadamkan. Masih ada tiga titik api, di bagian belakang dekat Mall Matahari. Petugas juga masih terus melakukan pemadaman.

Musibah kebakaran itu membuat sekitar 500 tamu hotel panik. Para tamu berlarian keluar dari hotel ketika mengetahui adanya kebakaran sekitar pukul 05.00 WIB. Para tamu akhirnya dievakuasi ke Hotel Ratu. Ada tiga orang yang dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan. ”Ada tiga yang sesak napas, sudah dibawa ke rumah sakit. Sementara tamu yang lainnya dievakuasi ke Hotel Ratu,” ujar Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS.

Sementara itu, Bambang, Panitia Penyelenggara Riset Kesehatan yang melakukan kegiatan di Novita Hotel menyebutkan, sekitar pukul 05.00 WIB, dirinya masih tidur di kamar lantai 9.

”Ada petugas dan security ngetok pintu. Katanya ada kebakaran di lantai 4,” ujar Bambang.Ketika itu, Dia dan rekan satu kamarnya berusaha mengevakuasi rekannya yang di kamar lain. Saat itu, asap sudah tebal. Mereka panik dan langsung turun melalui pintu darurat.

”Kita panik jadi mau menyelamatkan diri. Sehingga barang-barang dari pelatihan semua tertinggal di hotel,” jelasnya.

Terpisah Kepala BPBD dan Damkar Kota Jambi, Ridwan, mengatakan, pihaknya melakukan evakuasi sekitar dua jam.  ”Ada juga yang terjebak di lantai 11. Tapi berhasil kita evakuasi semua,” ujar Ridwan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pemadaman sendiri terus dilakukan hingga malam hari. (pds/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran 

Berita Terkait

Kebakaran Belum Padam, Harapkan Hujan Turun

Internasional

Si Jago Merah Ngamuk, Rumah dan Isinya Ludes

Nusantara

SPBU Ludes Dilalap Api

Megapolitan

Si Jago Merah Melalap Habis Gerbang Tol Pejompongan

Jakarta Raya

IKLAN