Minggu, 22 Juli 2018 04:02 WIB
BJB JULI V 2

Nasional

Jika Bukti Cukup, KPK akan Ungkap Kasus Century

Redaktur: Ali Rahman

Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menerangkan pihaknya akan mengungkap kasus apapun yang terjadi, sepanjang ada bukti yang cukup. Termasuk dalam hal ini kasus Bank Century.

"Prinsip dasar KPK adalah berkomitmen untum mengungkap kasus yang terjadi, sepanjang memiliki bukti yang cukup terkait dengan tindak pidana korupsi, " ungkap Febri melalui pesan singkat, Rabu (11/4).

Terkait dengan kasus Bank Century dijelaskan Febri bahwa amar putusan tersebut relatif baru dalam sejumlah putusan praperadilan yang ada. Sehingga itu sudah menjadi komitmen Lembaga Anti Rasuah, sepanjang ada cukup bukti.

Sebelumnya dalam putusan pengadilan negeri, KPK diperintahkan untuk melakukan proses hukum sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam bentuk melakukan penyidikan.
KPK sebelumnya telah mengeksekusi mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya yang dihukum 15 tahun penjara dalam kasus ini.

Berdasarkan kasasi yang diajukan JPU, pemberian persetujuan penetapan pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) kepada PT Bank Century Tbk oleh Budi Mulya dilakukan dengan itikad tidak baik.

Budi dianggap melawan hukum karena menyebabkan kerugian keuangan negara sejak penyetoran Penyertaan Modal Sementara (PMS) sejak 24 November 2008 hingga Desember 2013 sebesar jumlahnya Rp 8,012 triliun. (nue)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #kasus-bank-century 

Berita Terkait

IKLAN