Kamis, 15 November 2018 10:24 WIB
pmk

Headline

KPK Tetapkan Bupati Bandung Barat sebagai Tersangka OTT

Redaktur: Redjo Prahananda

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat memperlihatkan barang bukti dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih , terkait dengan kasus OTT yang melibatkan Bupati Bandung Barat, Rabu (11/4). Foto: Emanuel Liu/ Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Bupati Bandung Barat ABB sebagai tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT), yang dilakukan tim satgas KPK, Selasa (10/4).

Selain sang bupati lembaga anti rasuah juga menetapkan tersangka lainnya diantaranya yaitu WLW Kepala Dinas Perindustrian dam Perdagangan Kabupaten Bandung Barat, ADY sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bandung Barat dan juga Kepala Badan Kepegawain Daerah Kabupaten Bandung Barat yang diduga sebagai pemberi suap.

Dalam operasi tersebut KPK juga mengamankan barang bukti yang dikumpulkan sebesar Rp 435 juta dan juga 6 orang yang kemudian menjalami pemeriksaan secara intensif.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam jumpa pers, di kantornya, Rabu (11/4) mengatakan diduga sang bupati meminta sejumlah uang kepada Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) untuk kepentingan pencalonan istrinya ES, sebagai Calon Bupati Bandung Barat periode 2018-2023.

“Permintaan tersebut disampaikan beberapa kali pertemuan antara bupati dan sejumlah SKPD tersebut pada bulan Januari, Februari dan Maret. Kemudian bupati tersebut menagih janji untuk kepentingan pembayaran salah satu lembaga survei,” jelas Saut.

Selain itu mengumpulkan dana yang dimaksud, ABB meminta bantuan WLW dan ADY yang bertugas untuk menagih janji yang telah disepakati sebelumnya bersama sang bupati. Untuk satu SKPD diduga dikumpulkan uang senilai Rp 40 juta lebih.

“Untuk kepentingan pemeriksaan KPK kemudian melakukan penyegelan seperti brankas dan laci meja kerja milik salah satu staf bapeda dan juga ruangan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” jelas Saut lagi. (nue)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ott-bupati-bandung-barat 

Berita Terkait

IKLAN