Selasa, 24 Juli 2018 12:11 WIB
BJB JULI V 2

Jakarta Raya

Polisi Bekuk Pencuri yang Terekam CCTV

Redaktur: Ali Rahman

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Seorang juru parkir, Poniman alias Eman, 50, terekam kamera CCTV saat menggasak laptop canggih merek Apple Macbook Air dan sebuah handphone. Akibat aksi pencuriannya di kantor Pionicon di Jalan Tebet Utara II F, No. 04, RT 004 RW 001, Kelurahan ebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Eman dan dua orang lainnya dibekuk polisi, Kamis (12/4).

"Dari yang terekam di CCTV, diketahui pelaku yang mengambil adalah seseorang dengan ciri - ciri berbadan kurus tinggi, warna kulit sawo matang, mengenakan kacamata dan usia sekitar 40-50 tahun, mengenakan kaos warna orange strip putih dan celana panjang warna coklat," ungkap Kapolsek Tebet, Kompol Maulana J. Karespina.

Komisaris Maulana J Karepesina menceritakan kronologis kejadian pencurian oleh Poniman. Awalnya, pada Selasa (10/4) sekitar pukul 18.30 WIB, pelaku datang ke kantor tersebut karena dia memang sudah mengenal dengan baik lokasi itu. Kondisi kantor saat itu sudah sepi karena sebagian karyawan sudah pulang.

Poniman, yang melihat laptop dan handphone tergeletak di atas meja di ruang meeting kantor itu, mengendap-endap masuk ke dalam ruangan. Setelah memastikan keadaan aman, ia segera membawa kabut sebuah laptop serta handphone tersebut.

Pemilik laptop dan handphone itu adalah Dimaz Prasetyo, 28. Saat dia masuk kembali ke ruang meeting, dia kaget tidak menemukan barang-barangnya.

Dimaz, yang mengetahui laptop dan handphonenya hilang kemudian mengecek rekaman CCTV. Dia kemudian melaporkan tindakan pencurian itu ke Mapolsek Tebet.

Kompol Maulana menambahkan, meskipun mendapat rekaman kamera CCTV, pihaknya sempat kesulitan menggambarkan siapa sosok pria dalam rekaman itu.

"Berbekal informasi tersebut karyawan kantor dan anggota Polsek membuat sketsa wajah pelaku dikarenakan resolusi pixel CCTV rendah sehingga wajah pelaku kurang jelas. Kemudian kami simpulkan wajah itu mengarah seorang sosok bernama panggilan Eman dan tinggal di sekitar Jalan KH. Abdullah Syafei, Tebet," pungkasnya.

Kepolisian kemudian mendatangi pria itu dan melakukan intrograsi. Dari pengakuan pelaku, laptop dan handphone sudah dijual melalui situs jual beli online kepada pria bernama Usman Radiana.

"Oleh penadah, dikarenakan laptop Apple Macbook Air tersebut dalam keadaan terkunci lock system, akhirnya barang tersebut ia serahkan kepada tekhnisi agar dapat dibuka kunci lock programnya agar bisa digunakan kembali," tegasnya.

Kepolisian menangkap tiga orang dalam kasus ini yakni Poniman sebagai pencuri, Usman sebagai penadah serta Gabrie seorang karyawan Toko HP 234 di Jalan Pal Batu I, No. 01, Kel. Menteng Dalam, Tebet. (ibl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pencurian 

Berita Terkait

IKLAN