Minggu, 22 Juli 2018 04:06 WIB
BJB JULI V 2

Ekonomi

UMKM di Kota Padang Diajari Cara Bisnis Zaman Now

Redaktur: Ali Rahman

Ekonom BCA David Sumual memberikan pemaparan mengenai perkembangan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada acara Seminar ‘Wirausaha Jaman Now’ yang diikuti oleh 100 orang pedagang Pasar Raya Padang di Padang, Kamis (12/4).

INDOPOS.CO.ID - Berbagai upaya terus dilakukan oleh PT. Bank Central Asia (BCA) Tbk dalam hal memberikan konsultasi dan pelatihan mengenai laporan keuangan sederhana dan perpajakan bagi UMKM.

Kepala SK CSR BCA, Inge Setiawati mengatakan, pihaknya memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Padang dengan melakukan seminar wirausaha agar para pelaku UMKM yang ada di daerah bisa mengetahui cara berbisnis jaman now.

"Paling tidak, mereka (pelaku UMKM, Red) mampu menjadi trendsetter bukan follower. Jadi mereka juga menerima paparan tentang solusi bisnis jaman now, e-commerce, dan praktek foto produk," kata Inge melalui keterangannya, Jumat (13/4).

Melalui acara yang diikuti oleh 100 orang pedagang dari Pasar Raya, Padang itu BCA terus berupaya untuk turut meningkatkan berbagai bidang usaha masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri. Bahkan berbagai program telah disiapkan untuk mendukung upaya tersebut.

"Ini sudah jadi komitmen kani. Kami harus memfasilitasi pelaku UMKM agar mereka dapat mengembangkan usahanya dalam jangka panjang," ujarnya.

Inge mengatakan, untuk tahun ini, rasio penyaluran kredit UMKM ditargetkan mencapai 20 persen dari total porfotolio kredit BCA. Sementara tahun 2017 lalu, kredit komersial serta usaha kecil dan menengah (UKM) yang disalurkan BCA mencapai Rp 167,49 triliun atau tumbuh 10,3 persen.

“Saat ini pemberdayaan UMKM juga dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Indonesia. Besar harapan kami, seminar ini dapat mendulang kontribusi BCA dalam mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan, dan menciptakan produk-produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri,” paparnya. (iwk)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #umkm #bisnis-zaman-now 

Berita Terkait

IKLAN