Kamis, 15 November 2018 10:02 WIB
pmk

Politik

Prabowo Dinilai Usang, Harus Sosok Baru

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID- Pengamat politik Universitas Syarif Hidayatullah Syarwi Pangi Chaniago secara tegas menyebut Prabowo Subianto sudah usang jika dimajukan kembali menjadi calon presiden.

Pasalnya, dengan kegagalan dua kali menjadi calon wakil presiden dan presiden, sosok mantan Danjen Kopassus itu dinilai sudah mentok dalam meraih dukungan pemilih di pemilu presiden.

"Saya nilai masyarakat juga sudah jenuh terhadap Prabowo dan elektabilitas Prabowo sudah klimaks. Ibarat film, Prabowo adalah film lama, sudah usang. Dan pastinya akan sulit mengakahkan Jokowi di pilpres 2019 nanti," katanya kepada INDOPOS, Minggu (15/4).

Oleh karena itu, katanya, mendaur ulang pertarungan lama yaitu head to head Jokowi-Prabowo, pada capres pilpres 2019 dan ini menjadi tidak menarik lagi untuk ditonton.

“Padahal masyarakat ingin pertarungan aktor baru sehingga film menjadi menarik dan seru," tegasnya.

Di sisi lain, kekuatan mesin partai pendukung Prabowo di pilpres nanti kalah banyak dan kalah kuat dari koalisi parpol pendukung Jokowi.

Selain itu, tambah Pangi, saat ini Jokowi sedang menyiapkan beberapa ‘senjata’ pendongkrak elektabilitas yang membuat pemilih ‘enggan geser’ dalam mendukung Jokowi.

Beberapa senjata pendongkrak disiapkan salah satunya adalah yang berkaitan dengan infrastruktur dan gaya ‘merakyat’ Jokowi.

"Ini akan membuat Prabowo makin sulit lagi mengimbangi Jokowi. Apalagi dengan keunggulan pembangunan infrastruktur pemerintahan Jokowi yang menjadi kelebihannya," ucapnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh koalisi non Jokowi? Direktur Voxpol Center ini menerangkan bahwa kubu lebih takut kepada sosok baru yang masih sulit untuk diukur kekuatannya.

Sementara, ketakutan ‘geng’ Jokowi justru apabila sosok Gatot dan Anies Baswedan maju dan Prabowo menjadi king makernya.

"Karena saat ini adalah momentum emas untuk Gatot dan Anies untuk berduet baik sebagai calon RI 1 dan RI 2, maupun sebaliknya, dengan pertumbuhan elaktabilitasnya yang masih terus menanjak dan bisa menjadi penantang tangguh bagi gerbongnya PDIP," pungkasnya menambahkan. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #prabowo-subianto #pemilu-2019 #partai-gerindra 

Berita Terkait

Malam Ini, KPU Tetapkan DPT Hasil Perbaikan

Headline

Megawati Mau Pensiun

Headline

Soal OSO, KPU Tunggu Salinan Putusan PTUN

Nasional

Datangi Sekolah, KPU Bidik Pemilih Milenial

Politik

Tak Cerminkan Sikap Pahlawan

Politik

IKLAN