Kamis, 20 September 2018 12:17 WIB
pmk

Nasional

SDM, Tantangan Utama Hadapi Revolusi Industri 4.0

Redaktur: Riznal Faisal

Airlangga Hartarto. Foto: Yusho/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebutkan, pengembangan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) menjadi tantangan utama pemerintah pembangunan revolusi industri generasi keempat atau industri 4.0.

Sebab, fase industri baru ini membuat sistem mekanisme produksi serba mesin atau teknologi robotik, yang secara langsung menuntut tenaga kerja dengan tingkat keahlian tinggi.

"Meski Indonesia bisa mengembangkan industri yang memiliki nilai tambah, namun menghadapi revolusi industri 4.0, tentu tantangan semakin berbeda, terutama soal SDM tenaga kerja," kata Airlangga pada Forum Diskusi Indonesia Menuju Revolusi Industri 4.0 di Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta, Senin (16/4).

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, presiden telah mendorong peningkatan pendidikan vokasi untuk pengembangan SDM. Langkah ini sebagai salah satu jawaban pemerintah menyikapi tuntutan peningkatan SDM tenaga kerja dalam revolusi industri.

"Memang ini tidak bisa dihindari dan harus dihadapi. Tidak hanya soal revolusi industri, tapi bagaimana penyerapan tenaga kerja," bebernya. (sho)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pengembangan-sdm #revolusi-industri-40 

Berita Terkait

IKLAN