Jumat, 21 September 2018 12:22 WIB
pmk

makanmakan

Pallubasa Onta Makassar, Kuliner yang Menggugah Lidah

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Cita rasa yang kuat dilengkapi dengan potongan daging dilumuri dengan kuah dan telur ayam kampung menjadi andalan Pallubasa Onta Makasar. Jangan keliru dengan namanya, karena ini tidak menggunakan daging onta melainkan menggunakan daging sapi. Kini Pallubasa Onta Makassar, turut serta dalam Jakarta Food Festival 2018 yang digelar La Piazza, Summarecon Kelapa Gading dengan mengusung tema Kampoeng Tempoe Doeloe (KTD).

Awalnya, Pallubasa Onta Makassar ini merupakan usaha keluarga yang dilakukan secara turun menurun. Nama onta sendiri diambil dari nama sebuah jalan yang berada di Kota Makasar, Sulawesi Selatan itu.

Salah satu pemilik usaha ini, Ruslan Rusli menuturkan, bahwa usaha yang dijalankannya ini merupakan generasi pertama dan telah memiliki empat cabang di Makasar. Sementara ini menjadi yang pertama baginya, dalam mengikuti wisata kuliner di Jakarta Food Festival di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (12/4).

”Pallubasa Onta Makasar itu makanan yang berkuah, Pallubasa itu bahasa makasar. Kita pakai daging sapi, kita namain Pallubasa Onta ini karena kita jualan di Jalan onta. Jadi namanya Pallubasah onta,” ujar Ruslan saat berbincang dengan Indopos, akhir pekan lalu.

”Kita sudah punya empat cabang di Sulawesi. Kalau di Jakarta banyak yang nawarin, cuma yang jalaninnya siapa disini. Cuma ada yang mau franchise,” jelasnya.

Urusan rasa tidak perlu diragukan lagi, dagingnya yang begitu empuk, serta telur kuningnya pun tidak menimbulkan bau amis. Ditambah kuahnya yang sangat kaya akan rempah-rempah pilihan.

Maka tak heran kalau makanan khas Makasar ini banjir pembeli. Ruslan mengtakan, disini pembelinya cukup banyak, dan harganya tidak terlalu mahal. Soal rasa bisa dipastikan enak dan tidak ada duanya. ”Pembeli di sini lumayan banyak, harganya mahal tapi orang di sini terjangkau semua,” tuturnya.

Bahkan ada pembeli, menurut pria yang mengenakan topi hitam itu, hingga ketagihan karena Pallubasa Onta Makasar ini. Tak hanya itu, pembeli itu siap menyiapkan tempat di dalam Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara. ”Ada pembeli yang ketagihan, sampai dia nawarin tempat di dalam di Mall Kelapa Gading, pihak orang sini. Dia ada lahan disitu gratis lagi, dia udah 2 kali terus bungkusnya tiga,” terangnya sambil tersenyum kegirangan. 

Sementara, dalam proses penyajiannya tidak terlalu sulit, karena daging sapi yang telah di campur dengan kumpulan bumbu masak, kemudian diberi kuah yang aromanya sangat sedap sekali. ”Cara penyajiannya gak ribet, rempahnya kan sudah diolah, jadi tinggal dikasih turun kuah, terus dagingnya di turunin juga, terus dimasak sampai mendidih. Sudah mendidih baru disajikan,” kata Ruslan.

”Kuning telur itu bisa jadi obat juga kalau kita makan kuning telurnya, tapi itu tidak amis kalau sudah disiram dengan kuahnya,” sambungnya.

Saat disinggung soal, apa rahasia dari kelezatan Pallubasa Onta Makasar ini? sang pemilik enggan memberi taunya. Ruslan hanya menyebutkan beberapa rempah-rempah yang digunakan pada makanannya itu. ”Rempahnya itu rahasia (sambil tertawa) umumnya itu ada campuran serai, terus serundeng. Ya itu ajah. Ada banyak rempahnya cuma saya belum tahu semuanya yang tau itu bapak (Hj Taupik) ini usaha keluarga generasi pertama,” jelasnya.

Pallubasa Onta Makasar tentu berbeda dengan makanan khas Kota Makasar lainnya. Misalnya Coto Makasar. Menurut Ruslan resep makanannya ini berbeda dengan coto, karena daging Pallubasa Onta Makasar sudah dimasak terlebih dulu dengan rempah.

”Kelebihannya dagingnya sudah ada rasanya, daging pallubasah itu, sudah dimasak dengan rempah. Beda dengan coto, ini sudah dimasak dengan rempah jadi dagingnya dimakan sudah ada rasanya. Pastinya lebih enak,” ucap Ruslan. 

Perlu diketahui Pallubasa Onta Makasar masuk ke dalam kompetisi dalam pemilihan menu Soto sejalan dengan program dari BEKRAF untuk mempromosikan Soto "A Spoonful of Indonesian Warmth" ke dunia.

Kompetisi Soto Indonesia dimulai dengan proses kurasi soto-soto andalan di berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Solo, Medan, Makassar, Kudus, Semarang, Surabaya, Kudus, dan juga Jakarta mulai bulan November - Desember 2017.

Penasaran seperti apa kelezatan dari Pallubasa Onta Makasar? datang langsung ke Jakarta Food Festival di kawasan La Piazza, Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara. Event ini masih akan berlangsung hingga 5 Mei 2018 mendatang. (cr-2)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

WICSF 2018 Padukan Kuliner dan Fashion

Fashion

Makanan Khas Korea Merambah Lidah Pribumi

makanmakan

Makanan Khas Korea Merambah Lidah Pribumi

makanmakan

Ramen Hitam Bisa Jadi Pilihan

makanmakan

Ramen Hitam Bisa Jadi Pilihan

makanmakan

Godaan Kuah Pedas di Menya Musashi Bukotsu

makanmakan

IKLAN