Sabtu, 22 September 2018 08:25 WIB
pmk

Indotainment

Sutradara Milos Forman Meninggal, Pentas Perfilman Global Diselimuti Duka

Redaktur:

Milos Forman

INDOPOS.CO.ID - Kabar duka datang dari Milos Forman. Sutradara terkenal berkat film One Flew Over the Cuckoo’s Nest itu dikabarkan tutup usia. Beliau meninggal dunia dalam usia 86 tahun.

Seperti dilansir NME, Minggu (15/4), kabar duka itu telah dipastikan sebuah laporan dari kantor berita Ceko. Mereka mengkonfirmasikan kalau Milos Forman meninggal pada Jumat, 13 April 2018 waktu setempat. Dia wafat usai melawan penyakit telah lama dideritanya.

Milos Forman salah satu dari beberapa sutradara asing mendapat pujian kritis dan kesuksesan komersial di Hollywood. Pada era 2012, dia memenangkan penghargaan prestasi seumur hidup Direksi Guild of America.

Nama Milos Forman mencuri perhatian berkat karyanya One Flew Over the Cuckoo’s Nest. Film yang dibintangi Jack Nicholson itu memenangkan lima Oscar setelah peluncurannya pada tahun 1975. Sementara filmnya berjudul Amadeus (1984) memenangkan delapan penghargaan. Karya Forman lainnya adalah Hair (1979), Ragtime (1981), dan The People vs Larry Flint (1996).

Kabar berpulangnya Milos Forman menyisakan duka bagai sineas dunia. Para pelaku industri film pun memberi penghormatan kepada beliau. "Jenius sinematografi dan master dalam penggambaran kondisi manusia," puji Antonio Banderas.

"Bukti bahwa para pembuat film paling brilian juga bisa tidak pernah baik, murah hati, rendah hati dan setia," tulis Mia Farrow.(ded/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #film 

Berita Terkait

Film Cek Toko Sebelah Tayang di Tiongkok

Indotainment

Joker tanpa Riasan Badut

Indotainment

The Sacred Riana Difilmkan, Syuting pun Nyaris Tak Bicara

Indotainment

Mengintip Proses Syuting Bumi Manusia

Indotainment

Nirina Zubir Angkat Budaya Minang

Indotainment

IKLAN