Minggu, 22 Juli 2018 04:05 WIB
BJB JULI V 2

Ekonomi

Pendidikan Belum Menjamin Pekerjaan

Redaktur: Redjo Prahananda

FORUM DISKUSI : Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Bambang Satrio (baju putih) memberi paparan pada forum diskusi mengenai Kesiapan Indonesia Menuju Revolusi Industri, Senin (16/4) YUSHO/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Bambang Satrio, menyebutkan, ke depan pendidikan tidak lagi menjadi satu-satunya jaminan untuk mendapatkan pekerjaan.

Sebab, bukan hanya pendidikan tapi keterampilan khusus. Dengan perkembangan dunia usaha saat ini, hampir semua industri menuntut tenaga kerja dengan kompetensi tinggi. Kalau tidak, bukan mustahik tenaga kerja asing jadi ancaman.

"Sekarang pemerintah memprediksi ke depan perkembangan mobil listrik akan pesat. Yang jadi pertanyaan, apa sudah ada pendidkan yang mendukung itu. Kalau tidak akan susah," kata dia di Jakarta saat Forum Diskusi tentang Kesiapan Indonesia Menuju Revolusi Industri, Senin (16/4).

Sekarang ini yang perlu disiapkan adalah bagaimana mengembangkan keterampilan tenaga kerja dengan memanfaatkan keberadaan latihan kerja yang ada di tiap daerah.

"Pemerintah di provinsi, sampai kabupaten dan kota menyiapkan balai latihan kerja di daerahnya, supaya tenaga kerja punya kesiapan," ucapnya. (sho)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lapangan-pekerjaan 

Berita Terkait

Tagih Janji Presiden Buka Lapangan Pekerjaan

Nasional

IKLAN