Minggu, 18 November 2018 03:21 WIB
pmk

Nusantara

Pemudik Tak Perlu Brexit Lagi, Tol Pemalang-Batang Nyambung

Redaktur:

TINJAU-Pemerintah Kabupaten Kendal meninjau kesiapan ruas Tol Batang-Semarang yang ada di wilayah Kendal, Jawa Tengah.

INDOPOS.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Menargetkan sebagian ruas tol Pemalang-Batang yang masih dalam tahap pembangunan bisa dilalui pemudik pada Lebaran tahun 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menargetkan pada bulan Mei 2018, seksi 3 dan 4 Jalan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37 km dari Brebes Timur hingga Pemalang bisa beroperasi.

Dengan demikian, Basuki berharap pada mudik Lebaran 2018, pemudik yang ke arah Semarang tidak lagi keluar Pintu Tol Brebes Timur atau yang lebih dikenal dengan Brebes Exit (Brexit). Pemudik bisa meneruskan ke ruas tol Pemalang-Semarang. ”Ruas sepanjang 114,2 km akan dibuka. Namun sifatnya fungsional atau belum dikenakan tarif tol,” kata Basuki kemarin (15/4).

Basuki menjelaskan, di periode mudik tahun ini tidak ada lagi jalur darurat. Berdasar peninjauannya langsung, kondisi jalan yang fungsional sudah berada dalam kondisi perkerasan beton atau aspal yang kualitasnya lebih baik dari lean concrete.

Ruas tol Pemalang-Batang memiliki panjang total 39,2 km. Demi kepentingan mudik, PUPR telah melakukan percepatan pada seksi 1 Pemalang-Pekalongan sepanjang 17 km yang menjadi titik kritis di ruas tersebut. Kondisi tanah yang lunak diatasi pengerjaannya menggunakan teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM).

Percepatan dilakukan dengan meningkatkan intensitas pekerjaan penimbunan tanah dari semula 5 ribu meter kubik per hari, menjadi sebanyak 20 ribu meter kubik per hari. Ruas yang sudah selesai ditimbun dilanjutkan penghamparan batu agregat.

”Pertengahan Mei sudah bisa dimulai pengaspalan dan akan selesai dalam dua minggu. Saya akan melakukan pengecekan pada awal Mei 2018,” ujar Basuki.

Hingga saat ini Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km masih dalam proses pembangunan dengan progres konstruksi 75,4 persen. Saat meninjau pembangunan Jembatan Kali Kuto yang menjadi titik kritis di ruas tersebut, Basuki optimis akan bisa dilalui pada mudik Lebaran nanti.

Kecepatan pembangunan salah satunya terlihat dari pembangunan rangka jembatan.  Basuki mengatakan, terakhir kali berkunjung setengah bulan lalu,  bangunan bawah jembatan belum naik. ”Sekarang sudah berdiri dan minggu ke-3 April akan dimulai pemasangan rangka baja pelengkung jembatannya. Sehingga saya lebih optimis bisa digunakan saat mudik nanti,” kata Menteri Basuki.

Jalan tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang merupakan rangkaian tol Trans Jawa yang ditargetkan bisa tersambung mulai dari pelabuhan Merak di ujung Barat hingga  Banyuwangi di ujung timur pada akhir 2019 sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Ngawi-Wilangan, 29 Maret 2018 lalu.(tau)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pembangunan-jalan-tol 

Berita Terkait

IKLAN