Rabu, 24 Oktober 2018 12:02 WIB
pmk

Ekonomi

Pengembangan Industri Nasional Selesaikan Tiga Persoalan

Redaktur: Syaripudin

KEJAR KETERTINGGALAN: Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro berikan keterangan kepada wartawan, Selasa (17/4). Foto: Yusho/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebutkan pembangunan industri nasional akan mendorong penyelesaian tiga persoalan yang dihadapi pemerintah saat ini. Ketiganya produktivitas tenaga kerja, daya saing industri nasional, dan ekspor produksi manufaktur.

Apalagi, terangnya juga, satu dekade terakhir, produktivitas tenaga kerja cenderung stagnan. Di sisi lain, daya saing industri melemah karena belum optimalnya akses keuangan bagi masyarakat. Kemudian ekspor produk manufaktur yang didominasi produk teknologi rendah mengindikasikan Indonesia belum berpartisipasi optimal dalam rantai nilai global.

"Produktivitas tenaga kerja kita masih tertinggal dari Tiongkok dan India. Kemudian karakteristik produk ekspor tertinggal dari Thailand dan Malaysia terutama produk baru di bidang manufaktur," katanya di Jakarta dalam acara The 4th Industrial Dialogue, Selasa (17/4)

Pengembangan industri nasional yang dipacu saat ini diarahkan untuk memecahkan tiga masalah tersebut. Hanya saja, pengembangan industri nasional yang diarahkan untuk peningkatan ekonomi harus memerhatikan semua aspek. Sebab dalam pengembangan akan dilihat dari semua sektor perindustrian.

"Mendorong pengembangan industri nasional itu harus dilihat secara menyeluruh. Tidak boleh satu sektor yang diperhatikan, tapi semuanya," ucapnya. (sho)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #industri-nasional #bappenas 

Berita Terkait

IKLAN