Minggu, 22 Juli 2018 04:03 WIB
BJB JULI V 2

Nasional

Tarik Wisatawan, Kemenpar Luncurkan Hot Deals ViWI 2018

Redaktur: Syaripudin

GARAP WISMAN: Menteri Pariwisata Arief Yahya usai membuka Rakernas ViWI 2018 Program Quick Wins, di Hotel Red Top Jakarta, Selasa (17/4). Foto: Nelly Situmorang/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018, salah satu program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Lewat program Let’s Go Hot Deals ViWI Kemenpar optimis bisa menembus 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Tanah Air tahun ini.

”Hot Deals ViWI 2018 sebagai program menjual paket wisata dengan harga bersaing atau bundling berdasarkan konsep: More for Less (you get more, you pay less) untuk semua komponen pada paket wisata. Baik transportasi dan akomodasi, terutama komponen tiket penerbangan internasional dengan transportasi domestik agar dapat bersaing dengan paket wisata yang dijual oleh negara pesaing,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya usai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 Program Quick Wins, di Hotel Red Top Jakarta, Selasa (17/4).

ViWI 2018 sebagai program bersama yang disepakati oleh 18 stakeholders pariwisata, karena itu Kemenpar Arief Yahya berharap langkah tersebut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisman ke Indonesia.

Dia melanjutkan paket hot deals sebelumnya telah diujicoba di Kepulauan Riau tahun lalu, melibatkan komponen penyelenggara transportasi (pengusaha ferry), akomodasi (hotel dan restoran) dan atraksi (spa dan golf), dan berjalan dengan sukses. Dibuktikan dengan telah terjua 105.000 paket hot deals atau mencapai 100%.

”Kita mentargetkan ViWI 2018 dengan produk paketnya berupa super hot deals, hot deal, dan regular untuk menghasilkan 2,5 juta wisman atau sekitar 15 persen dari target kunjungan 17 juta wisman tahun ini,” kata Arief Yahya.

Ketua Tim Pelaksana ViWI 2018, Hariyadi BS Sukamdani mengatakan, penyelenggaraan Rakernas Let’s Go Hot Deals ViWI 2018 Program Quick Wins dimaksudkan agar terlaksananya desiminasi program bagi seluruh stakeholder pariwisata, serta tersusunnya pemetaan quik wins dan paket hot deals di masing-masing destinasi (provinsi) dan nasional.

”Rakernas ini juga untuk meningkatkan sinergisitas stakeholder di destinasi paeiwisata Indonesia,” katanya. Lebihblanjut Hariyadi juga mengungkapkan, ViWI 2018 merupakan program yang diinisiasi oleh 18 stakeholder pariwisata (tour operator, travel agent, hotel, transportasi, taman hiburan, dll) melalui asosiasi-asosiasi yang langsung maupun tidak langsung terhubung dengan sektor pariwisata.

Program dalam rangka penguatan unsur 3A (Aksesibilitas, Atraksi dan Amenitas) yang diwujudkan dalam kegiatan selama satu tahun penuh disesuaikan asal dari wisman (origin).

”Untuk menyukseskan ViWI 2018 perlu ditingkatkan koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan stakeholders pariwisata. Kepala daerah baik gubernur, bupati maupun wali kota sebagai CEO di destinasi wisata di daerahnya memiliki peran penting dalam mensukseskan program ViWI 2018, tentunya dengan membuat paket-paket menarik dan murah atau hot deals,” akunya.

Rakernas itu dihadiri sekitar 200 peserta, untuk membahas sejumlah isu menarik seputar pengembangan produk 3A; market place (online dan offline), dan kemasan produk untuk klaster A (Jakarta, Bali, dan Kepri); klaster B (18 destinasi ViWI); klaster C (destinasis lainnya). (nel)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #visit-wonderful-indonesia-2018 #lets-go-hot-deals-2018 #kemenpar 

Berita Terkait

IKLAN