Senin, 19 November 2018 06:15 WIB
pmk

Nasional

Miris! 1,6 Juta ASN Tak Punya Rumah

Redaktur:

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID – Kebutuhan atas rumah masih menjadi persoalan yang banyak dihadapi masyarakat Indonesia. Bahkan, bukan hanya untuk masyarakat umum, warga dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri juga masih terbelit persoalan tersebut.

Presiden Joko Widodo mengatakan, berdasarkan data yang ada, jumlah ASN, TNI-Polri yang belum memiliki rumah masih cukup besar. Yakni sekitar 1,58 juta orang dengan rincian 945 ribu ASN, 275 ribu TNI, dan 360 ribu Polri. Oleh karenanya, presiden meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta lembaga perbankan mencari solusinya. ”Saya juga minta untuk diperhatikan penyediaan perumahan yang layak bagi ASN, bagi prajurit TNI, bagi anggota Polri,” ujarnya saat rapat terbatas di Istana kepresidenan, Jakarta, Senin (16/4).

Diakuinya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak mungkin cukup jika menggunakan anggaran negara. Oleh karenanya, diperlukan skema alternatif dari sisi pembiayaannya. ”Terutama dengan memanfaatkan dana anggaran non pemerintah sehingga ada tambahan alternatif model di luar skema pembiayaan perumahan yang sudah ada,” imbuhnya.

Jokowi berharap, dengan terpenuhi kebutuhan pokoknya, maka aparat negara bisa semakin konsentrasi dalam bekerja. Di sisi lain juga mendorong efek ganda bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Ditemui usai rapat, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan, belum ada kebijakan konkrit untuk menindaklanjuti arahan presiden. Ke depannya, Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) bersama perbankan dan pengembang masih akan mengkaji. Termasuk dari kemampuan ASN membayar cicilan dan sebagainya. ”Karena ini baru konsep dari Bappenas. Nanti kami matangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut Bank Jabar Banten (BJB) Ahmad Irfan mengatakan, pihaknya menangkap arahan presiden sebagai peluang. Pihaknya sendiri siap untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Tahun ini sendiri, lanjutnya, BJB sudah meningkatkan kredit untuk perumahan hingga 10 persen dengan anggaran sekitar Rp 2 triliun.

Terkait produk yang ditawarkan BJB untuk program perumahan bagi ASN, TNI-Polri, Irfan belum bisa membeberkannya. ”Mungkin? Produknya kita sesuaikan, kita modifikasikan sesuai kebijakan pemerintah. Kita mendukung proyek pemerintah,” tandasnya. (far)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #asn 

Berita Terkait

Pemerintah Klaim Selalu Peduli Nasib Honorer

Nasional

681 Pegawai Pemkab Tak Masuk Kerja

Nusantara

Puluhan ASN Dipotong Gaji 30 Persen

Banten Raya

Parah, ASN Titip Absen

Nusantara

1.067 ASN Tak Masuk Kerja Usai Cuti Bersama

Megapolitan

Ini Pesan Jokowi untuk Para ASN

Nasional

IKLAN