Selasa, 17 Juli 2018 10:52 WIB
bjb juli

Nasional

Facebook Indonesia Tegaskan Tak Ada Kebocoran Data

Redaktur: Syaripudin

RDP: Perwakilan Facebook Ruben Hattari saat bertemu dengan anggota Komisi I DPR, Selasa (17/4). Foto///Charlie lopulua/indopos

INDOPOS.CO.ID- Pihak Facebook membantah adanya kebocoran data 1 juta data penggunanya di Indonesia. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI, Siang ini (17/4).

”Penting untuk saya sampaikan bahwa tidak pernah terjadi kebocoran data dari sistem Facebook. Kejadian ini bukanlah kejadian dimana pihak ketiga menembus sistim Facebook atau berhasil lolos dari perangkat keamanan data yang kami miliki," kata Ruben dalam pemaparannya.

Meski begitu, Ruben yang mewakili pihak Facebook menyampaikan permohonan maaf atas masalah tersebut. Dikatakan Hattari, kejadian ini adalah bentuk pelanggaran kepercayaan dan kegagalan pihaknya untuk melindungi data pengguna Facebook. "Kami mohon maaf atas kejadian tersebut," ucapnya.

Menurut Ruben juga, pihaknya saat ini tengah melakukan peninjauan kembali atas atas platform-nya untuk memastikan data pengguna Facebook terlindungi serta memastikan pelayanan Facebook berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku.

”Kami akan terus menyampaikan perkembangan terkini terkait peninjaun menyeluruh tersebut, berikut hasil temuannya,” katanya juga.

Sementara akses Aplikasi "Thisisyourdigitallife" ke Facebook login, lanjut, Ruben sudah dihentikan sejak 17 Desember 2015. "Sehingga, para pengguna Indonesia kini sudah tidak dapat mengakses aplikasi tersebut," tambahnya.

Sebaggaimana diketahui, Komisi I DPR melakukan RDP dengan pihak Facebook untuk menggali keterangan terkait adanya kebocoran data 1 juta pengguna di Tanah Air. Dan pertemuan ini adalah pertemuan tertunda setelah seminggu sebelumnya pihak Facebook menghadiri pemanggilan oleh kongres Amerika terkait kasus yang sama. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #facebook #kebocoran-data-facebook 

Berita Terkait

IKLAN