Selasa, 25 September 2018 04:45 WIB
pmk

Nasional

Rizal Ramli Disebut-sebut Cocok Dampingi Jokowi Perbaiki Ekonomi

Redaktur: Achmad Sukarno

Rizal Ramli.

INDOPOS.CO.ID - Peneliti Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie menilai Joko Widodo harus menggandeng Rizal Ramli jika ingin kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat di Pemilu 2019 nanti.

Pasalnya, menurut Jerry, kegagalan pemerintahan Jokowi yang saat ini berdampingan dengan Jusuf Kalla adalah membuat perekonomian masyarakat terus terpuruk.

"Saat ini ekonomi Indonesia terpuruk sampai 5,02 persen. Jadi RR harga mati duduk di Wakilnya Jokowi. Karena tidak ada ahli ekonomi selainnya," ucap Jerry, dalam keterangannya yang diterima INDOPOS, Rabu (18/4).

Dia pun menyatakan sebuah kesalahan fatal dan blunder saat Jokowi memecat Rizal Ramli, sebagai Menteri Koordinator bidang Maritim dan menggantikannya dengan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Harusnya saat itu yang perlu diganti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Rini Suwandi. Memang Sri menteri terbaik tapi jago utang. Di zaman SBY juga saat dia duduk di Menteri Keuangan, utang Indonesia kala itu bertambah cukup signifikan," kata dia.

Jika ekonomi tak diperbaiki, ujar Jerry, maka dipastikan ekonomi kita bisa melambat maupun jeblok ke 4 persen.

"RR hebatnya di Makro dan Mikro ekonomi apalagi forecast ekonominya yang tidak pernah melesat," ucapnya.

Bicara bukti, fakta dan data, lanjut Jerry, RR sudah membuktikannya saat menjadi Menteri Perekonomian dan Menteri Keuangan di era mendiang Gus Dur.

"Saat itu ekonomi kita dari minus menjadi plus atau naik signifikan berkat kepiawaian RR mengelolahnya. Pemikirannya mirip mantan Waki Presiden Mohammad Hatta tokoh ekonomi Indonesia dari Padang," tandas Jerry.

"Untuk itu saya menyarankan Jokowi bahkan PDI-P merekrut Rizal dijadikan tandem Jokowi," tambahnya. (dil)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #rizal-ramli #ekonomi-indonesia 

Berita Terkait

IKLAN