Ekonomi

Peluang Ekspor Masih Terbuka Lebar

Redaktur:
Peluang Ekspor Masih Terbuka Lebar - Ekonomi

INDOPOS.CO.ID - Sektor peternakan terus mengalami pertumbuhan sejak 2015-2017. Karena itu, peluang ekspor masih terbuka lebar. Salah satunya komoditas subsektor peternakan memilik potensi ekspor produksi pakan ternak. Di Indonesia pengelolaan pakan ternak terpusat pada 82 pabrik pakan di 11 provinsi.

Dari total 82 pabrik pada 2017, mampu menghasilkan pakan ternak sebanyak 18,2 juta ton. Selama periode 2015-2018, volume ekspor bahan pakan ternak sebanyak 635.293,6 ton dengan nilai Rp 1,19 triliun.

Obat hewan juga menjadi supsektor tidak kalah tinggi. Sejak tahun 2015, indonesia sudah ekspor dengan nilai Rp 17,50 triliun ke 87 negara. Begitu juga dengan ekspor telur ayam, kabing dan domba, serta susu dan produk olahannya. Sejauh ini, secara keseluruhan peternakan Indonesia sudah mampu menembus lebih dari 110 negara.

"Kementan terus mendorong pelaku usaha perunggasan, agar melakukan industrialisasi perunggasan nasional. Sehingga akan mampu melakukan ekspor dan bersaing diperdagangan global," tegas Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Jakarta, Jumat (20/4). (asp)

Berita Terkait

Nasional / Jamin Harga Terjangkau, TTI Center Kementan Hadir di Bogor

Nasional / Wujudkan Perintah Presiden, Genjot Ekspor

Nasional / Jadi Jutawan Muda dengan Bertani

Headline / Neraca Perdagangan April 2019 Defisit USD 2,5 Miliar

Nasional / Dongkrak Produksi Pertanian, Lahan Rawa Nggak Boleh Nganggur

Nasional / Terbesar di Asia Tenggara, Hadirkan Wisata Pertanian Modern


Baca Juga !.