Indobisnis

First Media Alokasikan Capex Rp 350 Miliar

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
First Media Alokasikan Capex Rp 350 Miliar - Indobisnis

INDOPOS.CO.ID - Tahun ini, First Media (KLBV) mengalokasikan belanja modal (capex) berkisar Rp 250-350 miliar. Anggaran belanja modal itu lebih rendah dari tahun lalu senilai Rp 500 miliar.

Capex itu melingkupi pengembangan PT IInternux dan PT Prima Wira Utama sekitar Rp250 miliar sampai Rp 350 miliar. Sumber dana capex dari kas internal dan perbankan atau perusahaan pembiayaan. ”Komposisi dari masing-masing dana capex itu belum bisa kami sampaikan, karena masih dalam perhitungan,” tutur Chief Financial Officer First Media, di Jakarta, Jumat (20/4).

Timotius mengungkapkan, alokasi anggaran capex tahun ini lebih rendah dari belanja modal tahun lalu mencapai Rp 500 miliar. Tahun ini manajemen mematok pendapatan tumbuh 9-11 persen dari tahun lalu Rp 982,46 miliar. Selain itu, bakal mengoptimalkan efisiensi cost management, sehingga bisa membantu memperkecil kerugian.

Perusahaan masih mengandalkan bisnis internet sebagai penopang pendapatan. Tahun lalu, bisnis internet berkontribusi 75 persen terhadap total pendapatan konsolidasi. Anak usaha perangkat komunikasi 9 persen, dan 16 persen dari lain-lain. Perusahaan tahun lalu, mencatat rugi bersih Rp 1,1 triliun. ”Kami berusaha optimalisasi, dan melihat daerah bisa menghasilkan,” tambah Presiden Direktur First Media, Harianda Noerlan.

Guna mengurangi kerugian, perusahaan terus menyiapkan strategi. Salah satunya, mengurangi penggunaan base tranceiver station (BTS). Saat ini, BTS dipakai Bolt 3.275, turun dari sebelumnya 3.800 BTS. Pengurangan pemakaian BTS itu untuk mengurangi biaya sewa. Sebab, BTS ini merupakan BTS sewa. ”Kami lebih selektif berekspansi,” ucap Harianda.

Manajemen mengklaim ada peningkatan pada sektor bolt home sekitar 12 ribu setiap bulan. Dalam lima bulan ada sekitar 60 ribu subscriber. Kalau itu stabil, tahun depan bolt bisa mencatatkan hasil positif. (far)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Anies Berharap Sektor Ritel Makin Berkembang

Megapolitan / Di Kawasan Ini Marak Aneka Parsel Lebaran

Megapolitan / Masyarakat Buka Peluang Bisnis Takjil

Megapolitan / Menengok Sentra Pembuatan Barongsai di Bogor

Ekonomi / Pegadaian Kolaborasi dengan Tokopedia Tawarkan Investasi Emas


Baca Juga !.