Rabu, 15 Agustus 2018 07:27 WIB
pmk

Nasional

Nicke Pantas Duduki Posisi Dirut Pertamina

Redaktur: Redjo Prahananda

Pengamat Ekonomi Energi UGM, Dr. Fahmy Radhi, MBA di Populi Center dan Smart FM Network dalam Perspektif Indonesia di Gado-gado Boplo, Jakarta, Sabtu (21/4). Foto: Sumarni/Indopos

INDOPOS.CO.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno resmi mencopot jabatan Elia Masa Manik sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Pengamat Ekonomi Energi UGM, Dr. Fahmy Radhi, MBA setuju dengan keputusan Menteri Rini.

Mantan anggota Tim Anti Mafia Migas itu mengatakan, pencopotan dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa.

Salah satu alasan, Elia selain terlalu sering mengeluh, keral melakukan manuver mengarah pada pembakangan dalam menjalankan BBM penugasan. Salah satu manuver itu; antara lain mengurangi pasokan Premium di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali)

“Elia Masa seolah cuci tangan terhadap tragedi kebocoran pipa Balikpapan, mestinya Elia dengan jabatan harus mengundurkan diri sebelum dicopot, pasca terjadi tragedi kebocoran pipa Balikpapan,” ujar Fahmy pada Populi Center dan Smart FM Network dalam Perspektif Indonesia di Gado-gado Boplo, Jakarta, Sabtu (21/4).

Fahmy membeberkan sebagai penggantinya, untuk sementara Rini telah menunjuk Nicke Widyawati sebagai pelaksana tugas (Plt). Menurutnya, penunjukkan tersebut sesungguhnya merupakan sinyal pemegang saham merestui Nicke sebagai Dirut Pertamina definitif.

“Nicke memiliki pengalaman sebagai eksekutif handal, baik di perusahaan swasta, maupun di BUMN, termasuk di PLN. Dari pengalaman itu akan sangat mendukung Nicke dalam menahkodai Pertamina kedepan,” tutur dia. (mar)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pertamina #bumn 

Berita Terkait

IKLAN