Senin, 24 September 2018 04:49 WIB
pmk

Nasional

Menristekdikti Kunjungi Stand Litbang TNI

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Pada Pameran Indonesia Science Day 2018, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI Muhammad Nasir mengunjungi stand Litbang (Penelitian dan Pengembangan) TNI Angkatan Darat dalam pameran yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jum'at (20/04) kemarin.

Menristekdikti mengatakan, ia sangat terkesan setelah melihat salah satu senjata hasil Litbanghan (Penelitian dan Pengembangan Pertahanan) Dislitbangad (Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat) yakni senjata mesin multi laras (SMML) Kaliber 7,62 MM.

Senjata kerjasama dengan PT Pindad ini memiliki spesifikasi teknik dengan jumlah laras 6, panjang 960 mm, berat lebih kurang 60 kg, dan teknik pengisian Linkbelt disintegrated serta memiliki sasaran jarak tembak mematikan sejauh 600 meter dengan sistem kerja laras berputar yang dapat mengeluarkan peluru sebanyak 3.000 butir per menit.

"Aplikasi senjata itu sangat cocok digunakan di semua medan, baik darat, laut, maupun udara," ujar Menristekdikti Muhammad Nasir di Jakarta pada Sabtu (21/4). Dia berharap, senjata SMML Kaliber 7,62 MM dapat diproduksi secara massal didalam negeri untuk memenuhi kebutuhan Alutsista TNI (TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU).

Pameran Indonesia Science Day 2018 yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK Kemenristekdikti berlangsung selama tiga hari, yakni 20 April himgga 22 April 2018. Pameran itu diharapkan dapat meningkatkan wawasan Science dan Teknologi, dan Alutsista TNI bagi masyarakat luas, khususnya generasi penerus. (asp)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemenristekdikti #tni 

Berita Terkait

IKLAN