Senin, 19 November 2018 08:14 WIB
pmk

Wanita

Dari Icip-icip di Cafe, Kini Jadi Produsen Kopi

Redaktur: Redjo Prahananda

Sheila Nabila.

INDOPOS.CO.ID - Sheila Nabila (25) mengawali usaha dengan modal Rp.5 juta. Ia bersama suaminya Eko Hardi Saputra (31) merintis usahanya sejak Desember 2017 lalu.

"Awalnya karena hobi minum kopi. Kita ikut komunitas pecinta kafe. Setiap bepergian yang dicari pertama kafe," ujar Sheila Nabila ditemui INDOPOS di bazar peringatan Hari Kartini di Jakarta, Minggu (22/4).

Menurut Sheila, sudah puluhan cafe kopi mereka kunjungi. Namun, keduanya merasakan ada yang kurang dengan kopi-kopi tersebut. Di usianya yang masih muda, Sheila dan suaminya mulai merintis bisnisnya.

Mereka bisa membuktikan, anak zaman now harus bisa mencari uang dengan usaha mandiri. " Saya belajar secara otodidak, mendapatkan kopi dengan cita rasa tinggi," bebernya.

Ingin tampil beda, perempuan lulusan Sarjana Komunikasi di Swiss Jerman university ini sengaja memilih sendiri biji kopi yang akan diolah. Bahan bakunya diambil langsung dari petani kopi di Jawa Barat, Flores NTT, dan lainnya.

Ia menuturkan, untuk proses pemilihan biji kopi hingga pengolahan, sangat selektif. Dalam 4 bulan olahan kopi dengan merk " Hardi Kopi " mampu terjual di pasaran hingga 700 botol kopi. Harga per botolnya, menurut Sheila hanya Rp.24 ribu.

"Komposisi 70 persen kopi Arabica dan 30 persen kopi Robusta," terangnya.

Melihat besarnya potensi minat masyarakat akan kopi produksinya, menurut perempuan yang sehari-hari mengajar di Yayasan Pandu Pertiwi berencana memproduksi dalam bentuk sachet. (nas)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #sheila-nabila #kartini-muda 

Berita Terkait

IKLAN