Megapolitan

Belasan Puskesmas di Kota Bekasi Belum Terakreditasi

Redaktur:
Belasan Puskesmas di Kota Bekasi Belum Terakreditasi - Megapolitan

PELAYANAN KESEHATAN - Puskesmas Pedurenan yang sudah mendapatkan akreditasi. deny iskandar /indopos

INDOPOS.CO.ID - Masih ada 11 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Bekasi yang belum terakreditasi. Itu artinya layanan pusat kesehatan yang ada di tengah-tengah masyarakat itu masih belum memiliki baku standar pelayanan.

”Kami menargetkan sebanyak 39 Puskesmas yang ada di Kota Bekasi sudah mendapat akreditasi pada 2020 mendatang,” terang Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Lila Nauvalya.

Laila menambahkan, sebenarnya program akreditasi Puskesmas sudah berjalan sejak 2016 lalu. Namun, baru dua Puskesmas yang mendapatkan akreditasi yakni Puskemas Karangkitri dan Puskesmas Pondokgede.

Bahkan pada 2017 lalu, kata Laila, ada tujuh Puskesmas yang kembali diusulkan untuk mendapat akreditasi. Ketujuh Puskesmas itu berhasil meraih akreditasi diantaranya, Puskesmas Perumnas II, Puskesmas Mustikajaya, Puskesmas Pejuang, Puskesmas Telukpucung, Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Jatiasih, dan Puskesmas Rawa Tembaga.

”Jadi total Puskesmas yang mendapat akreditasi mencapai sembilan layanan," paparnya. Dan  tahun 2018, kata Laila, Dinkes Kota Bekasi kembali mengajukan sebanyak 11 Puskesmas untuk bisa mendapat akreditasi. Menurutnya, seluruh layanan itu dinilai sudah memenuhi standar pelayanan mutu yang kerap dijadikan syarat.

’Target kami pada 2020, seluruh Puskesmas sudah terakreditasi semua," ujarnya. Pengajuan layanan untuk akreditasi ini, kata dia, karena Puskesmas selaku pelayanan kesehatan masyarakat harus memenuhi standar mutu yang diterapkan Kementerian Kesehatan.

Salah satunya, terkait sarana dan prasarana yang dimiliki, pelayanan kesehatan pasien, sumberdaya manusia, serta tertib administrasi atau manajemennya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kota Bekasi Dezi Syukrawati mengatakan, dalam hal penetapan status akreditasi dilakukan tim penilai dari komisioner. "Sertifikat tersebut berlaku tiga tahun, dan akan dievaluasi sesuah itu," jelasnya.

Dezi menjelaskan, sisa Puskesmas yang belum meraih predikat akreditasi bukan berarti pelayanannya kurang baik. (dny)

TAGS

Berita Terkait

Lifestyle / Manfaat Klorofil untuk Kesehatan

Daerah / Bayi Ini Lahir Tanpa Kulit Perut

Lifestyle / Ini Loh Manfaat Lain Minum Susu

Lifestyle / Jaga Bau Mulut Saat Puasa? Ini Caranya


Baca Juga !.