Rabu, 18 Juli 2018 12:42 WIB
bjb juli

Fashion

Keseruan Si Kecil Lomba Busana di Museum

Redaktur: Novita Amelilawaty

INDOPOS.CO.ID- Museum Perumusan Naskah Proklamasi menghadirkan puluhan anak-anak sekolah untuk ikut andil dalam perayaan kartini. Bersama Yayasan Belantara Budaya Indonesia, menggelar acara lomba pakaian perjuangan.

Sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari anak anak setingkat sekolah dasar yang datang dari sejumlah sekolah yang ada di Jakarta dan sekitarnya begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. ”Ini merupakan kegiatan rutin yang disesuaikan dengan moment tertentu,” ujar Kurator Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Kurniawaty, Rabu (25/4).

Mereka begitu luwes penuh percaya diri berlenggak lenggok di atas panggung memperagakan pakaian perjuangan yang mereka kenakan di hadapan dewan juri.  ”Intinya ingin memperkenalkan museum kepada anak-anak sejak dini, dan menjadikannya tidak hanya sebagai sarana pendidikan semata tetapi juga sekaligus menjadi tempat masyarakat untuk bersosialisasi dengan menggelar pentas seni dan budaya”, terangnya.

Sementara itu Founder Yayasan Belantara Budaya Indonesia, Diah Kusumawardani Wijayanti, mengemukakan, kegiatan yang diselenggarakannya ini sangat berpengaruh dan bermanfaat. Diantaranya memperkenalkan museum pada anak-anak.

“Kita ingin memperkenalkan sejarah dan budaya kepada masyarakat khususnya anak anak melalui museum, mereka yang tadinya tak tahu tentang keberadaan museum ini, jadi tahu dan mengenalnya, dengan demikian mereka lebih mengetahui perjalanan panjang sejarah bangsanya”, ujar Diah.

Di musium yang mempunyai luas tanah 3914 m2 dan luas bangunan 1138 m2 ini, pengunjung juga bisa melihat secara lebih dekat koleksi yang tersimpan di dalamnya, yang berada dilantai satu yang mengkoleksi sejarah perumusan proklamasi 16 Agustus 1945, dan di lantai 2, yang berupakan ruang tempat pameran kontemporer berisi koleksi peristiwa yang terjadi pada medio 1942-1950, seperti koleksi foto, koran ,mata uang dan lainnya. (ash)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hari-kartini 

Berita Terkait

IKLAN