Rabu, 26 September 2018 06:42 WIB
pmk

Liga Champions

Bayern Muenchen vs Real Madrid, Panggung Predator Eropa

Redaktur:

MUENCHEN – Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo merupakan mesin gol utama bagi Bayern Muenchen serta Real Madrid musim ini. Khusus Lewy, pertemuan dengan Real menjadi ajang audisi terbaik terkait rumor kepindahannya ke tim ibukota Spanyol tersebut musim mendatang.  Dini hari nanti (26/4) Lewy akan menjamu Ronaldo lebih dahulu di Allianz Arena pada leg pertama semifinal Liga Champions (siaran langsung SCTV/beIN Sports 1 pukul 01.45 WIB).

Mantan gelandang Bayern dan Real yang pensiun musim lalu Xabi Alonso kepada ESPN kemarin (24/4) memprediksi kalau peran Lewy dan Ronaldo akan menjadi kunci kemenangan tim masing-masing.

 “Baik Real maupun Bayern harus menjadi satu kesatuan dan khususnya para penyerang harus membuat perbedaan. Penyerang yang memberikan pengaruh terbesar buat timnya akan meriah keuntungan terbesar,” kata Alonso.

Kalau dilihat koleksi gol Ronaldo dan Lewy di ajang Liga Champions, Ronaldo unggul atas Lewy. Pemain 33 tahun itu memuncaki daftar klasemen pencetak gol Liga Champions dengan 15 gol di antara sepuluh pertandingan. Sementara koleksi gol Lewy baru sepertiga Ronaldo, lima gol, dalam sembilan pertandingan.

Lewy dalam wawancara dengan Bayern TV kemarin mengatakan walau Ronaldo adalah mesin gol utama Real akan tetapi tanpa rekan-rekan setim lainnya, Ronaldo tetap nothing alias tak ada artinya.  “Kita tahu Ronaldo sering mencetak gol ke gawang Bayern dan saya berharap jumlah itu tidak bertambah pada pertemuan ini. Namun yang paling utama adalah performa keseluruhan tim bukan hanya Ronaldo,” tutur Lewy. “Pemain Real yang lain punya kemampuan mencetak gol sama bagusnya dengan Ronaldo,” tambah bapak satu anak itu.

Lewy punya rekam jejak yang bagus jika bertemu Real di ajang Liga Champions. Yakni enam gol dalam enam pertandingan. Lima gol dicatatkan ketika bersama Dortmund (2010-2014). Ketika bersama Bayern Lewy baru membikin satu gol ke gawang Real.  Laga paling dikenang Lewy versus Real terjadi pada leg pertama semifinal Liga Champions 2012-2013. Ketika bermain di Signal Iduna Park pada 25 April 2013, Lewy mencetak poker atau empat gol ke gawang Real.

 “Itu terjadi di musim yang lalu, tahun berganti. Apa yang terjadi di masa lalu tinggal histori, karena setiap pertandingan yang akan dihadapi pasti akan menghasilkan sesuatu yang berbeda,” ucap Lewy. “Kekuatan Real berbeda setiap tahunnya,” tutur kapten timnas Polandia tersebut.

Nah, ketika disingkirkan Real musim lalu diantara dua leg yang berlangsung Lewy hanya bermain satu kali yakni di leg kedua. Pada leg pertama, Lewy absen karena cedera bahu.  Kalau Lewy mencetak enam gol dalam enam pertemuan dengan Real, maka Ronaldo lebih garang. Dalam enam pertemuan, bapak empat anak itu menghasilkan sembilan gol.

Sejauh ini, Ronaldo adalah top skor Liga Champions. Ronaldo juga membuat seluruh dunia memujinya saat mencetak gol indah pada leg pertama lawan Juventus di perempat final 4 April lalu. Ronaldo melakukan chilena atau tendangan salto di depan 40 ribu orang yang datang ke Allianz Stadium, kandang Juventus. (dra)

Perkiraan Pemain

Bayern Muenchen (4-3-3) : 26-Ulreich (g) ; 32-Kimmich, 17-Boateng, 5-Hummels, 27-Alaba ; 10-James, 8-Martinez, 6-Thiago; 25-Mueller (c), 9-Lewandowski, 7-Ribery

Pelatih: Jupp Heynckes

Real Madrid (4-3-1-2) : 1-Navas (g) ; 2-Carvajal, 5-Varane, 4-Ramos (c), 12-Marcelo; 10-Modric, 14-Casemiro, 8-Kroos ; 22-Isco ; 9-Benzema, 7-Ronaldo

Pelatih: Zinedine Zidane

Wasit : Bjorn Kuipers (Belanda)

Live: SCTV/beIN Sports 1 01.45 WIB

Stadion: Allianz Arena, Muenchen


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-champions #bayern-muenchen #real-madrid 

Berita Terkait

Tanpa Gareth Bale, Madrid Menang Tipis Atas Espanyol

Total Football

Morata Bisa Ikuti Idolanya

Liga Champions

Penggoda Hati Sarri

Liga Champions

Jamu Roma, Madrid Tunggu Teka-teki Lopetegui

Liga Champions

Jamu Roma, Madrid Tunggu Teka-teki Lopetegui

Liga Champions

IKLAN