Kamis, 18 Oktober 2018 06:08 WIB
pmk

Banten Raya

Berobat Gratis Modal KTP di Banten Baru Kebijakan

Redaktur: Redjo Prahananda

Kabid informasi Pemprov Banten, Amal Herawan Budi.

INDOPOS.CO.ID - Meski Menteri Kesehatan Nila F Moeloek belum secara tegas menyetujui berobat gratis di Banten hanya dengan modal KTP.

Menkes mendukung kebijakan Gubernur Wahidin Halim dalam upaya memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat miskin yang tidak tercover oleh BPJS.

Amal Herawan Budi,Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Statistik dan Persandian Banten kepada INDOPOS, Sabtu (28/4). “Baru sebatas kebijakan Gubernur, belum program sudah dijalankan. Namun, Menkes mengapresiasi,” Amal menerangkan.

Amal mengatakan, untuk merealisasikan kebijakan tersebut,Menkes menyarankan kepada Gubernur untuk mendesain kebijakan tersebut menjadi program jaring sosial atau social safety nett,dan berkonsultasi dengan Menkeu, Mendagri, BPK dan KPK agar kebijakan tersebut tidak menemui kendala pada masa mendatang.

Selain itu kata Amal, pemprov Banten dituntut membuat roadmap pelaksanaan kebijakan berobat gratis tersebut untuk diintergrasikan dengan program JKN.

Dalam rapat dipimpin oleh ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, dengan pimpinan Ahmad Subadri, anggota DPD/MPR RI dari Banten berinisiatif menggelar rapat tentang pengobatan gratis menggunakan KTP bagi warga miskin di Banten.

Ahmad Subadri mengatakan, pihaknya akan mengundang Menteri Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri dan Kejaksaan.

“Tujuan untuk menyamakan presepsi, agar program pengobatan gratis untuk warga miskin ini tidak dikriminalisasi karena Pemprov Banten mengalokasi anggaran untuk program bermanfaat bagi warga miskin,” ujar Ahmad Subadri.

Sementara Gubernur Banten Wahidin Halim menjelaskan, sejak mencalonkan diri menjadi Gubernur,dirinya sudah niat akan mengratiskan biaya kesehatan,biaya pendidikan dan akan membangun infrastruktur yang bagus untuk masyarakat Banten.

Menurut WH,program berobat gratis pakai KTP bukan menentang kebijakan pemerintahan pusat,namun sebagi Gubernur memiliki tanggung jawab moral dan kerap menyaksikan sendiri kondisi warga masyarakatnya sulit untuk mendapatkan akses berobat gratis.

“Masa warga saya sakit masih ditolak oleh rumah sakit umum dan swasta,masa warga saya nggak bisa masuk.Selain itu juga sakit kan tidak akan semuanya sakit secara berbarengan,” kata WH. (yas)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pengobatan-gratis #pemprov-banten 

Berita Terkait

Pemprov Banten Kirim Relawan dan Bantuan ke Sulteng

Banten Raya

Perjuangkan TKS, Gubernur Banten Lobi KPK

Banten Raya

1.500 RTS di Serang Terima Bansosratu

Banten Raya

Sekda Terkejut, Kadinkes Banten Ditahan Kejaksaan

Banten Raya

IKLAN