RDC Contohkan Metode Beternak yang Baik

INDOPOS.CO.ID – Business Development Director, Cargill Feed & Nutrition (CFN), Totok Setyarto menggelar Rural Development Campaign (RDC) untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kualitas domba yang dihasilkan para peternak.

Hal itu dilakukan melalui unit bisnis cargill di bidang pakan ternak yang memberikan solusi gizi untuk hewan. Di sini program RDC bertema ‘Untuk Masa Depan Kita yang Lebih Baik’ lewat pembangunan Demo Farm bagi pengembangbiakan domba dan kambing di daerah Kampung Sasak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. “Ini dilakukan sekaligus mendorong minat kaum muda untuk beternak,” ujar Totok melalui keterangan tertulisnya kepada INDOPOS, Senin (30/4).

Diakuinya, program yang sudah dilakukan sejak 2013 itu akan dilakukan bekerjasama dengan Agroedu Jampang Community. Tujuannya untuk pembangunan desa lewat pengembangan kemampuan dan pelatihan masyarakat dalam beternak.

Menurutnya, melalui pelatihan dan edukasi yang tepat itu, maka kualitas dan kuantitas produksi daging domba dapat lebih baik dan tentunya akan memberikan manfaat bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para peternak.

Selain itu, pembangunan kandang pembibitan dan penggemukan juga dilengkapi dengan 25 ekor domba. Bahkan, Cargill juga menyediakan pakan berupa hijauan dan konsentrat berisi nutrisi komplit, mineral dan vitamin yang mendukung domba untuk menghasilkan daging yang berkualitas.

Sementara, Aditia Ginantaka, pengagas dan pendiri AgroEdu Jampang Community menjelaskan, program pemberdayaan petani dan peternak merupakan salah satu fokus dan komitmen AgroEdu Jampang Community.

“Kami menyambut baik dukungan dari pihak swasta seperti Cargill yang juga memiliki komitmen dalam membantu dan memberdayakan petani dan peternak Indonesia,” tuturnya.

Untuk diketahui, Demo Farm itu mendapat dukungan dari Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Bogor. Sementara program itu berbeda-beda di setiap daerah, itu disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi yang terpilih. Seperti di Makassar itu ayam petelur, Semarang berupa burung puyuh, Purwodadi berupa ayam potong, Medan berupa ikan nila, dan Surabaya itu domba).

Dengan begitu, diharapkan pembangunan Demo Farm Sentra Domba ini mampu menginspirasi banyak pihak untuk bersama-sama berperan bagi peningkatan kualitas hasil peternakan dan tentunya kehidupan peternak, sekaligus mendorong minat kaum muda untuk menjadi peternak. (iwk)

Komentar telah ditutup.