Selasa, 20 November 2018 09:05 WIB
pmk

makanmakan

Potetah, Camilan Kekinian dari Kentang

Redaktur:

Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pecinta kuliner tradisional nusantara akan dimanjakan dengan beragam sajian makanan yang lezat, dalam festival kuliner XploRasa yang digelar di Summarecon Mal Serpong, Tangerang. Festival itu sekaligus mendukung kreativitas bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan mengajak masyarakat untuk mengenal karya inovasi kuliner di Indonesia.

Festival kuliner dirancang apik. Panggung, tatanan lampu, ornamen dari bekas kontainer, dan dekorasi tenan makin membuat festival kian semarak. Tempat yang instagramable untuk berswa foto.

Center Director Summarecon Mal Serpong, Willy Effendy mengatakan, acara itu sebagai bentuk apresiasi kreativitas para pelaku bisnis kuliner "Zaman Now" yang telah menciptakan tren baru di Indonesia dan ingin memperkenalkan inovasi lebih luas kepada masyarakat.

"Event XploRasa 2018 ini kami persiapkan dengan misi untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang saat ini menggemari ragam kuliner terbaru yang sedang menjadi tren ‘Jaman Now," ujar Willy, akhir pekan lalu.

Kuliner yang tengah menjadi tren saat ini adalah Potetah. Sebagian masyarakat mungkin sudah ada yang tau mengenani makanan ini. Potetah merupakan camilan yang berasal dari Thailand, dengan berbahan dasar kentang.

Pemilik Potetah Angelita Wiratman mengatakan, makanan itu diadopsi dari jajanan street food di Thailand. Untuk panjang dari potetah ini mencapai 30cm. Uniknya, tampilan potetah sangat mirip dengan french fries, hanya berbentuk panjang.

Selain itu, potetah juga memiliki tiga macam saus yang akan menambah kenikmatan begitu dikunyah dalam mulut. Sausnya terdiri dari, powder based, savoury sauce based dan sweet sauce based.

"Potetah itu sebenarnya ambil dari konsep jajanan Thailand, jadi itu seperti kentang panjang yang panjangnya bisa 30cm. Kita ada banyak varian rasa, jadi keunikan brand kita itu adalah selain powder based kita ada savoury sauce based dan sweet sauce based.Mungkin yang dimana kompetitor lain itu tidak ada, untuk rasanya juga macam- macam," ujar Angelita.

Soal rasa tak perlu diragukan, karena baluran saus spesial akan menambah cita rasa yang sempurna. Paling saus yang favorit adalah savoury sauce based, seawed akan menambah tampilan potetah semakin cantik. Dan ada saus sweet sauce based, coklat.

"Untuk rasanya favoritnya itu, ada cheese savoury sauce, seawed dan coklat. Keselurahannya untuk powder based kita ada tiga varian. Untuk savoury sauce based kita ada delapan varian, dan yang manis sausnya ada dua varian,"  jelas Angel.

Potetah tentu berbeda dengan french friesh, karena menurut Angel potetah miliknya dibuat sendiri, tanpa menggunakan alat bantu mesin. Dari sisi rasa potetah lebih unggul dan enak.

"Bedanya dengan kentang biasa itu, kita home made kita buat sendiri, kalau kaya french fries itu udah pabrikan, cita rasa sendiri lebih unggul," tuturnya.

Sementara tren potetah di Indonesia mendapat reaksi yang cukup baik. Apalagi makanan berbahan kentang itu sudah sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Tentu menjadi buruan para anak muda yang kekinian.

"Di Indonesia ini dengan adanya long potato ini masyarakat luas, jadi seperti wah, apa sih long potato ingin coba?Seperti ingin kekiniangituh. Untuk brand kita ini baru bangun tahun ini," terang Angel.

Tampilan yang unik dan cita rasa yang sangat enak, membuat Potetah tidak pernah sepi pembeli. Tak tanggung-tanggung para pembeli yang datang ke sini harus sabar antre.

Paling enak makan potetah bersama dengan keluarga maupun sahabat. Untuk satu porsi potetah dibandrol dengan harga Rp 35.000, satu porsi bisa dikombinasikan menggunakan dua saus yang berbeda.

"Untuk respons dari pembeli, puji Tuhan ya maksudnya banyak banget yang order, saya selalu menanyakan kepada mereka gimana rasa kentangnya, suka enak. Harganya 35 ribu dan itu sudah bisa di mix dua rasa," jelasnya kemudian tersenyum.

Penasaran dengan cemilan unik dan kekinian Potetah. Ayo datang festival kuliner XploRasa di Summarecon Mal Serpong, Tangerang. Festival ini berlangsung hingga 13 Mei 2018mendatang. (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Icip-Icip Citarasa Asia

Jakarta Raya

Menu Tradisional di Hotel Berbintang

makanmakan

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

Berinovasi dengan Cokelat

makanmakan

IKLAN